ALFHE UAD Forum yang dapat digunakan sebagai sarana komunikasi dan berbagi para peserta pelatihan ALFHE yang menggunakan active learning dalam perkuliahannya |
| | Materi Kuliah Minggu ke-7 : TIK dalam Pembelajaran | |
|
+23agustin anggara eni Hanafi Dana Atmara nur ani Dany Asmoro Azis fatimah nurfika puspita D tities anjar prastyani aulia trisnowati Arsika Nur Isnaini Davit Haryanto Remanda Puspita S Stephanie noni NadiaNafitaSari Tessa Desty Caroline Aan Kurniawan rifa darojati dani khairunisah Fajar esti herminegari Sudaryanto Suryati Lilik Prasetyarini yywahyup 27 posters | |
Pengirim | Message |
---|
yywahyup
Jumlah posting : 42 Join date : 05.10.12
| Subyek: Materi Kuliah Minggu ke-7 : TIK dalam Pembelajaran Sat Oct 27, 2012 8:48 am | |
| Assalamu'alaikum wr.wb. Sebelumnya, pastikan kalian telah me-reply threat presensi untuk masing2 kelas sebelum belajar. Silahkan baca terlebih dahulu materi berikut : 1. [You must be registered and logged in to see this link.]2. [You must be registered and logged in to see this link.]3. [You must be registered and logged in to see this link.]Buatlah kesimpulan terkait : 1. Penggunaan Komputer dalam Pembelajaran 2. Memanfaatkan TIK dalam Pembelajaran | |
| | | Lilik Prasetyarini
Jumlah posting : 5 Join date : 16.09.12
| Subyek: Kuliah pertemuan ke_7 Sat Oct 27, 2012 9:15 am | |
| Nama :Lilik Prasetyarini Nim :11005044 Prodi :pgsd A | |
| | | yywahyup
Jumlah posting : 42 Join date : 05.10.12
| Subyek: Re: Materi Kuliah Minggu ke-7 : TIK dalam Pembelajaran Sat Oct 27, 2012 9:17 am | |
| - Lilik Prasetyarini wrote:
- Nama :Lilik Prasetyarini
Nim :11005044 Prodi :pgsd A Presensilah pada threat yg telah disediakan yaa ... | |
| | | Suryati
Jumlah posting : 5 Join date : 17.09.12
| Subyek: Re: Materi Kuliah Minggu ke-7 : TIK dalam Pembelajaran Sat Oct 27, 2012 9:45 am | |
| Nama : SURYATI Nim :11005062 Prodi :pgsd B | |
| | | Sudaryanto
Jumlah posting : 8 Join date : 16.09.12 Age : 32 Lokasi : Bantul
| Subyek: Ingin tanya Sat Oct 27, 2012 9:51 am | |
| Kesimpulan yang sudah kami buat selanjutnya harus dikirim kemana? Terus materi UTS kisi-kisinya apa saja Pak? Oia buat yang mengumpulkan Macromedia Flash hari ini kenapa tidak disamakan bebas UTS? Yang mengumpulkan hari ini saya rasa lebih hebat karena dapat menyelesaikan pembuatan Macromedia Flash hanya dalam waktu kurang dari 4 hari setelah mendapat tugas. | |
| | | herminegari
Jumlah posting : 4 Join date : 17.09.12
| Subyek: Re: Materi Kuliah Minggu ke-7 : TIK dalam Pembelajaran Sat Oct 27, 2012 9:54 am | |
| NAMA : Hermi Puspita Negari NIM : 11005082 PRODI : PGSD B | |
| | | Fajar esti
Jumlah posting : 6 Join date : 15.09.12
| Subyek: Re: Materi Kuliah Minggu ke-7 : TIK dalam Pembelajaran Sat Oct 27, 2012 9:59 am | |
| [ASK] pengumpulan tugas macromedia flash di mana? pengumpulan kesimpulan di mana? mohon pencerahannya >>> | |
| | | dani khairunisah
Jumlah posting : 5 Join date : 17.09.12
| Subyek: Re: Materi Kuliah Minggu ke-7 : TIK dalam Pembelajaran Sat Oct 27, 2012 10:03 am | |
| NAMA : DANI KHAIRUNISAH NIM : 11005089 SUDAH PRESENSI PAK !!!!!!! Berikut kesimpulan saya sampaikan : Penggunaan komputer dalam pembelajaran : • Alat presentasi: PowerPoint, MagicPoint, MacromediaFlash • e-Book: doc, pdf, html, mht • Sound player: Winamp • Video player: PowerDVD, Windows Media Player • Animasi: MacromediaFlash • Simulasi: building software, application software • Membangun Web untuk Pembelajaran
Memanfaatkan TIK dalam Pembelajaran 1. E-mail. Para pengguna komputer di Indonesia juga menyebut dengan surat elektronik, merupakan fasilitas yang paling sederhana, paling mudah penggunaannya dan dipergunakan secara luas oleh pengguna komputer. 2. Mailing List (Millis) melalui milis ini bisa dilakukan diskusi untuk memecahkan suatu permasalahan secara bersama-sama, dengan saling memberikan saran pemecahan (brain storming). 3. File Transfer Protocol (FTP) Fasilitas Internet yang memberikan kemudahan kepada pengguna untuk mencari dan mengambil arsip file (down load) di suatu server yang terhubung ke Internet pada alamat tertentu yang menyediakan berbagai arsip (file), yang memang diizinkan untuk diambil oleh pengguna lain yang membutuhkannya. 4. Chat Room à Teleconference Fasilitas untuk melakukan komunikasi antara dua orang atau lebih secara serempak dalam pengertian waktu yang sama (real time), dan dengan demikian berarti komunikasi yang dilakukan adalah komunikasi yang sinkron (synchronous communication mode) 5. Discussion Forum Fasilitas ini digunakan untuk melakukan diskusi secara tertulis mengenai topik tertentu yang telah dikelompokkan | |
| | | rifa darojati
Jumlah posting : 4 Join date : 18.09.12 Age : 30 Lokasi : purworejo
| Subyek: Media dan Pembelajaran Berbasis ICT Sat Oct 27, 2012 10:10 am | |
| Nama : Rifa Darojati NIM 11005096 Prodi/kelas : PGSD/ B
PENGGUNAAN KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN Dalam computer terdapat berbagai program yang berfungsi membantu kerja manusia, antara lain : 1. Program ‘exel’ dapat digunakan dalam pembelajaran matematika, IPA dan IPS, untuk mengelola data dan membuat grafik. 2. Program ‘powerpoint dapat digunakan untuk membuat presentasi, misalnya hasil diskusi kelompok dan ditayangkan melalui LCD prouektor. 3. Berbagai program juga bias digunakan untuk menggambar dan merancang sesuatu. 4. Jika computer terhubung dngan fasilitas internet maka akan menjadi perpustakaan digital. 5. Internet juga bias menjadi sarana komunikasi, missal facebook,twitter..
MANFAAT TIK DALAM PEMBELAJARAN 1. Sebagai media pembelajaran yang praktis dan efisien 2. Memudahkan guru dalam menyampaikan informasi 3. Membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan 4. Kita bisa mempelajari ilmu baik yang dari dalam maupun luar negeri 5. Memudahkan kita dalam mencari informasi untuk diri sendiri mauoun untuk disampaikan kepada orang lain.
KESIMPULAN : TIK sangatlah berguna bagi manusia untuk membantu pekerjaan sehari-hari oleh karena itu TIK bisa dimanfaatkan manusia sebaik-baiknya.. dalam pembelajaran guru sangat membutuhkan TIK terutama untuk pembelajaran dan menyelesaikan tuygas sebagai guru, misalnya untuk mengisi raport siswanya.
Terakhir diubah oleh rifa darojati tanggal Sat Oct 27, 2012 10:15 am, total 1 kali diubah | |
| | | yywahyup
Jumlah posting : 42 Join date : 05.10.12
| Subyek: Re: Materi Kuliah Minggu ke-7 : TIK dalam Pembelajaran Sat Oct 27, 2012 10:13 am | |
| Kisi-kisi UTS : - open book .... ndak masalah kan? - hasil diskusi, observasi dll .... pengalaman (ndak bukan lupa yah)
Hasil rangkuman untuk kalian sendiri ... persiapan buat UTS. | |
| | | Fajar esti
Jumlah posting : 6 Join date : 15.09.12
| Subyek: kesimpulan hasil materi yang baru saja saya download Sat Oct 27, 2012 10:15 am | |
| Nama : Fajar Esti Kuncoro NIM : 11005069
kesimpulan semua jadi satu Perkembangan Komunikasi terjadi dalam beberapa bentuk perkembangan, 1.online 2. offline online : melalui dunia maya , tv dan sebagainya, offline : buku, majalah, slide projector dsb. Pemanfaatan Komp. dlm Pembelajaran Alat presentasi: PowerPoint, MagicPoint, MacromediaFlash e-Book: doc, pdf, html, mht Sound player: Winamp Video player: PowerDVD, Windows Media Player Animasi: MacromediaFlash Simulasi: building software, application software
Perkembangan IPTEK memiliki pengaruh, positif dan negatif, tergantung si user itu sendiri, apabila dimanfaatkan untuk hal positif, maka dampaknya positif pula, begitu sebaliknya.
Tool kit diperlikan dalam pembelajaran sebagai alat penjelas, supaya belajar lebih hidup dan ilmu dapat sampai ke sisiwa.
| |
| | | Fajar esti
Jumlah posting : 6 Join date : 15.09.12
| Subyek: Re: Materi Kuliah Minggu ke-7 : TIK dalam Pembelajaran Sat Oct 27, 2012 10:16 am | |
| - yywahyup wrote:
- Kisi-kisi UTS :
- open book .... ndak masalah kan? - hasil diskusi, observasi dll .... pengalaman (ndak bukan lupa yah)
Hasil rangkuman untuk kalian sendiri ... persiapan buat UTS. yang swf di kemanain pak? makasih | |
| | | Aan Kurniawan
Jumlah posting : 5 Join date : 16.09.12
| Subyek: Re: Materi Kuliah Minggu ke-7 : TIK dalam Pembelajaran Sat Oct 27, 2012 10:40 am | |
| Nama : Aan Kurniawan Nim : 11005102 Berikut adalah ringkassan menurut saya :
Penggunaan komputer dalampembelajaran : a. Alat presentasi: PowerPoint, MagicPoint, MacromediaFlash b. e-Book: doc, pdf, html, mht c. Sound player: Winamp d. Video player: PowerDVD, Windows Media Player e. Animasi: MacromediaFlash f. Simulasi: building software, application software g. Membangun Web untuk Pembelajaran
Manfaat Pembelajaran TIK dalam pembelajaran : a.Dapat membuat pembelajaran lebih mudah dan efisien b.Selain itu,membuat suasana pembelajaran seakan lebih menyenangkan c.Merpermudah seorang Guru untuk menyampaikan materi pembelajaran d.Mempermudah dalam pencarian informasi e.Mempermudah dalam bidang telekomunikasi
Kesimpulan : Dalam zaman sekarang TIK sangat membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari,khususnya dalam mencari informasi dan telekomunikasi. oleh karena itu manusia harus bisa menguasai TIK dengan baik. | |
| | | Tessa Desty Caroline
Jumlah posting : 4 Join date : 17.09.12
| Subyek: Re: Materi Kuliah Minggu ke-7 : TIK dalam Pembelajaran Sat Oct 27, 2012 10:42 am | |
| Nama : Tessa Desty Caroline NIM : 11005046 kelas : PGSD A
Penggunaan Komputer Dalam Pembelajaran Penggunaan teknologi yang begitu pesat sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan. Komputer dapat dijadikan seperti kertas, pensil, buku, video dan lain sebagainya. Dalam beberapa mata pelajaran tertentu komputer dapat membantu belajar menjadi lebih efektif. Komputer dapat membantu pendidik dalam memudahkan pembelajaran, bahkan dapat memotivasi dan mengakselerasi belajar siswa. Masuknya komputer dalam proses belajar, melahirkan suasana yang menyenangkan karena peserta didik dapat mengendalikan kecepatan belajar sesuai dengan kemampuannya. Lalu gambar dan suara yang muncul membuat anak tidak cepat bosan, sebaliknya justru merangsang untuk mengetahui lebih jauh lagi. Dengan desain program pembelajaran yang menarik diharapkan siswa menjadi tekun, sehingga diharapkan menjadi lebih unggul di bidangnya, lebih cerdas, lebih kreatif, dan lebih mampu melihat persoalan dari segi lain, kini dan masa datang.
Manfaat TIK dalam Pembelajaran - Program ‘Word’ dapat digunakan untuk menulis cerita,laporan, atau bentuk tulisan lainnya. - Program ’Excel’ dapat digunakan dalam matematika, IPA dan IPS untuk mengelola data dan membuat grafik. - Program ’Powerpoint’ dapat digunakan untuk membuat presentasi, misalnya hasil diskusi kelompok, dan ditayangkan melalui LCD proyektor. - E-mail merupakan fasilitas yang memungkinkan dua orang atau lebih melakukan komunikasi. - Internet juga dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain.
Terakhir diubah oleh Tessa Desty Caroline tanggal Sat Oct 27, 2012 10:48 am, total 1 kali diubah | |
| | | NadiaNafitaSari
Jumlah posting : 3 Join date : 23.09.12 Lokasi : kulonprogo
| Subyek: Re: Materi Kuliah Minggu ke-7 : TIK dalam Pembelajaran Sat Oct 27, 2012 10:42 am | |
| Nama : Nadia Nafita Sari NIM : 11005090 Kelas : PGSD _ B
KESIMPULAN :
1. Penggunaan Komputer dalam Pembelajaran
a.) Alat presentasi: PowerPoint, MagicPoint, MacromediaFlash b.) e-Book: doc, pdf, html, mht c.) Sound player: Winamp d.) Video player: PowerDVD, Windows Media Player e.) Animasi: MacromediaFlash f.) Simulasi: building software, application software
2. Memanfaatkan TIK dalam Pembelajaran
Komputer yang telah dilengkapi aplikasiaplikasi seperti Microsoft Office dan lain-lain sangat membantu proses pembelajaran semua mata pelajaran baik matematika, IPA, IPS, Bahasa, maupun keterampilan. Program ‘Word’ dapat digunakan dalam hampir semua mata pelajaran untuk menulis cerita, laporan, atau bentuk tulisan lainnya. Kelebihan menulis dengan komputer dibandingkan dengan menggunakan tangan adalah bahwa naskah dapat dibaca ulang oleh penulis atau orang lain dan diperbaiki. a.) Program ’Excel’ dapat digunakan dalam matematika, IPA dan IPS untuk mengelola data dan membuat grafik. b.) Program ’Powerpoint’ dapat digunakan untuk membuat presentasi, misalnya hasil diskusi kelompok, dan ditayangkan melalui LCD proyektor. c.) Berbagai program juga dapat digunakan untuk menggambar atau merancang sesuatuJika komputer terhubung dengan fasilitas internet, maka komputer tersebut akan menjadi perpustakaan digital sehingga dapat mengakses berbagai sumber belajar dari dunia maya. d.) Dengan menggunakan program seperti ’Google’, siswa dapat mencari informasi tentang banyak hal. e. ) Internet juga dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain, misalnya siswa di sekolah lain, bahkan di negara lain, dengan menggunakan email, ’facebook’, ’twitter’, atau program untuk pengirim ’message’ lainya seperti ’msn’ dan ’yahoo messenger
| |
| | | Stephanie noni
Jumlah posting : 4 Join date : 16.09.12 Age : 31
| Subyek: Re: Materi Kuliah Minggu ke-7 : TIK dalam Pembelajaran Sat Oct 27, 2012 10:54 am | |
| Nama : Stephanie Sophian NIM : 11005045 PGSD A.
Rangkuman Penggunaan computer Dalam Pembelajaran Alat presentasi : PowerPoint, MagicPoint, MacromediaFlash e-Book : doc, pdf, html, mht Sound player : Winamp Video player : PowerDVD, Windows Media Player Animasi : MacromediaFlash Simulasi : building software, application software
Memanfaatkan TIK dalam Pembelajaran 1. Kolaboratif; pembelajaran yang bersifat sosial. 2. Bermain sambil belajar. 3. Menyediakan banyak pilihan. 4. Program ‘Word’ dapat digunakan untuk menulis cerita,laporan, atau bentuk tulisan lainnya. 5. Program ’Excel’ dapat digunakan dalam matematika, IPA dan IPS untuk mengelola data dan membuat grafik. 6. Program ’Powerpoint’ dapat digunakan untuk membuat presentasi, misalnya hasil diskusi kelompok, dan ditayangkan melalui LCD proyektor. 7. Berbagai program juga dapat digunakan untuk menggambar atau merancang sesuatu.
Pemanfaatan internet untuk pembelajaran - E-mail - File Transfer Protocol (FTP) - Chat room - Discussion forum - Course Management System - Search Engine
Kesimpulannya : Kemajuan teknologi sekarang ini banyak sekali manfaat bagi manusia, manusia harus menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi. karena teknologi mempunyai sisi positif dan negatif. jangan sampai dari kemajuan teknologi manusia bisa tersejerumus.
Terakhir diubah oleh Stephanie noni tanggal Sat Oct 27, 2012 11:01 am, total 1 kali diubah | |
| | | Remanda Puspita S
Jumlah posting : 4 Join date : 17.09.12
| Subyek: Re: Materi Kuliah Minggu ke-7 : TIK dalam Pembelajaran Sat Oct 27, 2012 10:59 am | |
| Nama : Remanda Puspita Sari NIM : 11005078 PGSD B
Perkembangan Komunikasi online : melalui dunia maya , tv dan sebagainya, offline : buku, majalah, slide projector dsb. Penggunaan komputer dalam pembelajaran : a. Alat presentasi: PowerPoint, MagicPoint, MacromediaFlash b. e-Book: doc, pdf, html, mht c. Sound player: Winamp d. Video player: PowerDVD, Windows Media Player e. Animasi: MacromediaFlash f. Simulasi: building software, application software g. Membangun Web untuk Pembelajaran Manfaat TIK dalam pembelajaran : 1. Sebagai media pembelajaran yang praktis dan efisien 2. Memudahkan guru dalam menyampaikan informasi 3. Membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan 4. Kita bisa mempelajari ilmu baik yang dari dalam maupun luar negeri 5. Memudahkan kita dalam mencari informasi untuk diri sendiri mauoun untuk disampaikan kepada orang lain. Kesimpulan TIK sangat bermaanfat untuk membantu pekerjaan sehari-hari baik dalam komunikasi ataupun hal lain seperti sebagai media pembelajaran
| |
| | | Davit Haryanto
Jumlah posting : 4 Join date : 17.09.12
| Subyek: Re: Materi Kuliah Minggu ke-7 : TIK dalam Pembelajaran Sat Oct 27, 2012 11:11 am | |
| Penggunaan komputer dalam proses pembelajaran : • Alat presentasi: PowerPoint, MagicPoint, MacromediaFlash • e-Book: doc, pdf, html, mht • Sound player: Winamp • Video player: PowerDVD, Windows Media Player • Animasi: MacromediaFlash • Simulasi: building software,applikasion sofwer. Kesimpulan: Perkembangan TI saat ini sangat pesat….jadi kita sebagai calon guru harus dapat menguasai TI dan memanfaatkannya dengan baik.
| |
| | | Arsika Nur Isnaini
Jumlah posting : 7 Join date : 17.09.12
| Subyek: Re: Materi Kuliah Minggu ke-7 : TIK dalam Pembelajaran Sat Oct 27, 2012 11:17 am | |
| Nama : Ibnatun Atsila Suhartika Nim : 11005085
Berikut hasil kesimpulan yang saya dapatkan antara lain :
Penggunaan komputer dalam pembelajaran : 1. Alat presentasi: PowerPoint, MagicPoint, MacromediaFlash 2. e-Book: doc, pdf, html, mht 3. Sound player: Winamp 4. Video player: PowerDVD, Windows Media Player 5. Animasi: MacromediaFlash 6. Simulasi: building software, application software
Memanfaatkan TIK dalam pembelajaran : 1. E-Mail E-mail merupakan fasilitas yang memungkinkan dua orang atau lebih melakukan komunikasi yang bersifat tidak sinkron (asynchronous communication mode) atau tidak bersifat real time. Ini bertujuan untuk para pengguna dapat mengirim surat lewat media elektonik secara mudah dan cepat. 2. Mailing List (Millis) Merupakan suatu fasilitas yang sama dengan eman namun penggunaannya lebih luas dan dapat membentuk suatu forum / kelompok diskusi, sehingga kita dapat saling memberikan saran ataupun memecahkan suatu permasalahan secara bersama - sama. 3. File Transfer Protocol (FTP) File Transfer Protocol merupakan fasilitas Internet yang memberikan kemudahan kepada pengguna untuk mencari dan mengambil arsip file (down load) di suatu server yang terhubung ke Internet pada alamat tertentu yang menyediakan berbagai arsip (file), yang memang diizinkan untuk diambil oleh pengguna lain yang membutuhkannya. 4. World Wide Web World Wide Web merupakan kumpulan koleksi besar tentang berbagai macam dokumentasi yang tersimpan dalam berbagai server di seluruh dunia, dan dokumentasi tersebut dikembangkan dalam format hypertext dan hypermedia, dengan menggunakan Hypertext Markup Language (HTML) yang memungkinkan terjadinya koneksi (link) dokumen yang satu dengan yang lain atau bagian dari dokumen yang satu dengan bagian yang lainnya, baik dalam bentuk teks, visual dan lain-lainnya. 5. Chat Room / Teleconference Chat Room / Teleconference merupakan Fasilitas untuk melakukan komunikasi antara dua orang atau lebih secara serempak dalam pengertian waktu yang sama (real time), dan dengan demikian berarti komunikasi yang dilakukan adalah komunikasi yang sinkron (synchronous communication mode) 6. Discussion Forum Discussion Forum merupakan Fasilitas ini digunakan untuk melakukan diskusi secara tertulis mengenai topik tertentu yang telah dikelompokkan.
Kesimpulan : Jadi TIK merupakan suatu alat komunikasi yang berguna dalam kehidupan sehari - hari dan disamping itu dapat memudahkan pendidikan dalam proses pembelajaran yang inovatif serta dapat mengikuti teknologi perkembangan jaman.
Terakhir diubah oleh Arsika Nur Isnaini tanggal Sat Oct 27, 2012 11:23 am, total 1 kali diubah | |
| | | Arsika Nur Isnaini
Jumlah posting : 7 Join date : 17.09.12
| Subyek: Re: Materi Kuliah Minggu ke-7 : TIK dalam Pembelajaran Sat Oct 27, 2012 11:17 am | |
| NAMA: ARSIKA NUR ISNAINI NIM : 11005074
Berikut hasil kesimpulan yang saya dapatkan :
Penggunaan Komputer Dalam Pembelajaran : 1. Alat presentasi: PowerPoint, MagicPoint, MacromediaFlash 2. e-Book: doc, pdf, html, mht 3. Sound player: Winamp 4. Video player: PowerDVD, Windows Media Player 5. Animasi: MacromediaFlash 6. Simulasi: building software, application software
Memanfaatkan TIK dalam pembelajaran : 1. E-mail merupakan fasilitas yang memungkinkan dua orang atau lebih melakukan komunikasi yang bersifat tidak sinkron (asynchronous communication mode) atau tidak bersifat real time. 2. Mailing list merupakan perluasan penggunaan e-mail, dengan fasilitas ini pengguna yang telah memiliki alamat e-mail bisa bergabung dalam suatu kelompok diskusi, dan melalui milis ini bisa dilakukan diskusi untuk memecahkan suatu permasalahan secara bersama-sama, dengan saling memberikan saran pemecahan (brain storming). 3. File Transfer Protocol (FTP)adalah fasilitas Internet yang memberikan kemudahan kepada pengguna untuk mencari dan mengambil arsip file (down load) di suatu server yang terhubung ke Internet pada alamat tertentu yang menyediakan berbagai arsip (file), yang memang diizinkan untuk diambil oleh pengguna lain yang membutuhkannya. 4. World Wide Webmerupakan kumpulan koleksi besar tentang berbagai macam dokumentasi yang tersimpan dalam berbagai server di seluruh dunia, dan dokumentasi tersebut dikembangkan dalam format hypertext dan hypermedia, dengan menggunakan Hypertext Markup Language (HTML) yang memungkinkan terjadinya koneksi (link) dokumen yang satu dengan yang lain atau bagian dari dokumen yang satu dengan bagian yang lainnya, baik dalam bentuk teks, visual dan lain-lainnya. 5. Chat Room Teleconference merupakan Fasilitas untuk melakukan komunikasi antara dua orang atau lebih secara serempak dalam pengertian waktu yang sama (real time), dan dengan demikian berarti komunikasi yang dilakukan adalah komunikasi yang sinkron (synchronous communication mode). 6. Discussion Forum merupakan Fasilitas ini digunakan untuk melakukan diskusi secara tertulis mengenai topik tertentu yang telah dikelompokkan.Komunikasi melalui discussion forum memiliki sifat yang sama dengan e-mail, yaitu bersifat tidak sinkron (asynchronous communication mode) atau bersifat un-real time.
kesimpulan: jadi TIK merupakan suatu alat komunikasi yang berguna dalam kehidupan sehari-hari dan disamping itu dapat memudahkan pendidikan dalam proses pembelajaran yang inovatif serta dapat mengikuti teknologi perkembangan zaman,.
Terakhir diubah oleh Arsika Nur Isnaini tanggal Sat Oct 27, 2012 11:23 am, total 1 kali diubah | |
| | | aulia trisnowati
Jumlah posting : 6 Join date : 15.09.12
| Subyek: Re: Materi Kuliah Minggu ke-7 : TIK dalam Pembelajaran Sat Oct 27, 2012 11:18 am | |
| Penggunaan computer dalam pembelajaran • Alat presentasi: PowerPoint, MagicPoint, MacromediaFlash • e-Book: doc, pdf, html, mht • Sound player: Winamp • Video player: PowerDVD, Windows Media Player • Animasi: MacromediaFlash • Simulasi: building software, application software • program ’Excel’ Manfaat computer dalam pembelajaran Selain diigunakan sebagai alat bantu untuk pembelajaran yang interaktif, juga bisa bersifat audiovisual untuk memudahkan proses pembelajaran itu sendiri. Komputer juga memberi kemudahan dalam mencari dan menghasilkan bahan-bahan pembelajaran secara efektif dan efisien yaitu dengan adanya perpustakaan elektronik Dari berbagai cara memanfaatkan komputer untuk pembelajaran tersebut diatas, tetap saja komputer harus kita posisikan sebagai alat atau media pembelajaran. Peran pendidik atau orang tua dalam mengontrol sekaligus melihat perkembangan belajar tetap di butuhkan.
| |
| | | tities anjar prastyani
Jumlah posting : 3 Join date : 27.10.12
| Subyek: Re: Materi Kuliah Minggu ke-7 : TIK dalam Pembelajaran Sat Oct 27, 2012 11:23 am | |
| Nama : Tities Anjar Prastyani Nim : 11002002
Hasil Rangkuman Minggu ke-7 1. Penggunaan komputer dalam pembelajaran 2. Manfaat TIK dalam pembelajaran
Media pembelajaran berbasis TIK Menggunakn alat seperti bahasa isyarat, alat peraga, gambar, Bahasa verbal, Teks (symbol atau huruf). Melalui Interaksi langsung dan tidak langsung 1. Media tidak langsung (Offline) • Orang lain • Buku • Kaset • Film • Komputer 2. Media langsung (online) • Orang lain • Alam (bunyi, cahaya, ...) • Alat elektronika (telpon, radio, televisi, ...) • Internet.
Pemanfaatan komputer dalam pembelajaran • Alat presentasi : PowerPoint, MagicPoint, MacromediaFlash • e-Book : doc, pdf, html, mht • Sound player : Winamp • Video player : PowerDVD, Windows Media Player • Animasi : MacromediaFlash • Simulasi : building software, application software
Pemanfaatan internet untuk pembelajaran • E-mail • File Transfer Protocol (FTP) • Chat room • Discussion forum • Course Management System • Search Engin
Penggunaan Komputer Dalam Pembelajaran Pengaruhnya: • Kemajuan teknologi komputer membuat aktivitas menjadi serba cepat serta menjadikan dunia seperti tanpa batas. • guru bukanlah satu-satunya sumber informasi tapi infomasi dapat diakses dari komputer melalui jaringan internetnya. • pembelajaran dapat dilakukan secara individual dan menyenangkan. • Komputer dapat membantu pendidik dalam memudahkan pembelajaran, bahkan dapat memotivasi dan mengakselerasi belajar siswa.
Memanfaatkan TIK dalam Pembelajaran: membantu pendidik dalam memudahkan pembelajaran memotivasi dan mengakselerasi belajar siswa merangsang untuk mengetahui lebih jauh lagi.
Panduan singkat yang dapat membantu mengoptimalkan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di sekolah untuk pembelajaran 1.perangkat yang diperlukan a.Komputer. b. Printer c.LCD Proyektor d. Internet e. jaringan f. scanner g.USB flashdisk • Pemeliharaan Komputer dan Perangkatnya Agar dapat berfungsi dengan optimal, komputer harus dipelihara baik perangkat keras, perangkat lunak, maupun bahan habis pakai. a. Pemeliharaan perangkat keras perlu memperhatikan antara lain sitem sirkulasi udara pendingin (kipas) yang ada di dalam komputer. Hindari menutup lubang sirkulasi udara komputer. b. Sistem sirkulasi udara pada komputer dapat menarik debu ke dalam. Debu tersebut dapat mengakibatkan pemanasan komputer dan hubungan pendek. Oleh karena itu sebaiknya komputer digunakan di tempat yang bersih dan bebas debu dan sering dibersihkan dengan menggunakan lap. c. Harddisk komputer juga perlu dibersihkan secara regular dengan cara membuang file-file sementara yang tidak perlu agar hardisk tidak penuh. d. Hindari menginstall program-program yang asalnya tidak jelas karena bisa menyebabkan adanya virus yang dapat merusak program dan data di harddisk. e. Luarnya perangkat TIK, termasuk layar komputer dapat dibersihkan dengan lap yang empuk atau kuas. Kalau menggunakan lap basah, sebaiknya tidak pakai bahan pembersih khususnya di layar komputer.
Pemanfaatan Komputer dalam Pembelajaran - Program ‘Word’ dapat digunakan untuk menulis cerita,laporan, atau bentuk tulisan lainnya. - Program ’Excel’ dapat digunakan dalam matematika, IPA dan IPS untuk mengelola data dan membuat grafik. - Program ’Powerpoint’ dapat digunakan untuk membuat presentasi, misalnya hasil diskusi kelompok, dan ditayangkan melalui LCD proyektor. - Berbagai program juga dapat digunakan untuk menggambar atau merancang sesuatu. - Jika komputer terhubung dengan fasilitas internet, maka komputer tersebut akan menjadi perpustakaan digital sehingga dapat mengakses berbagai sumber belajar dari dunia maya. Dengan menggunakan program seperti ’Google’, siswa dapat mencari informasi tentang banyak hal. - Internet juga dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain, misalnya siswa di sekolah lain, bahkan di negara lain, dengan menggunakan email, ’facebook’, ’twitter’, atau program untuk pengirim ’message’ lainya seperti ’msn’ dan ’yahoo messenger’. - Internet untuk Pembelajaran - Penelusuran Web (Web Browser) - Mendownload file pembelajaran seperti mendownload buku eloktronik
KESIMPULAN • Kemajuan teknologi membuat aktivitas menjadi serba cepat serta menjadikan dunia seperti tanpa batas. • guru bukanlah satu-satunya sumber informasi tapi infomasi dapat diakses dari tegnologi(komputer) melalui jaringan internetnya. • pembelajaran dapat dilakukan secara individual dan menyenangkan. • tegnologi dapat membantu pendidik dalam memudahkan pembelajaran, bahkan dapat memotivasi dan mengakselerasi belajar siswa.
| |
| | | nurfika puspita D
Jumlah posting : 3 Join date : 26.10.12
| Subyek: Kesimpulan penggunaan komputer dalam pembelajaran Sat Oct 27, 2012 11:26 am | |
| nama : nurfika puspita dewi nim : 11002001
Kesimpulan Penggunaan komputer dalam pembelajaran 1. Program ‘Word’ : menulis cerita,laporan, atau bentuk tulisan lainnya. 2. Program ’Excel’ : dalam matematika, IPA dan IPS untuk mengelola data dan membuat grafik. 3. Program ’Powerpoint, macromediaFlash, magicPoint” : membuat presentasi, misalnya hasil diskusi kelompok, dan ditayangkan melalui LCD proyektor. 4. Berbagai program juga dapat digunakan untuk menggambar atau merancang sesuatu. 5. Fasilitas internet : dapat menjadi perpustakaan digital sehingga dapat mengakses berbagai sumber belajar dari dunia maya. Dengan menggunakan program seperti ’Google’, siswa dapat mencari informasi tentang banyak hal. 6. Internet juga dapat digunakan untuk berkomunikasi dan pembelajaran. Misalnya : E-mail , File Transfer Protocol (FTP), Chat room, Discussion forum, Search Engine.
Manfaat TIK dalam pembelajaran 1. Pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan. 2. Memudahkan mencari informasi dari berbagai sumber. 3. Membantu guru dalam penyampaian materi pembelajaran. 4. Memudahkam dalam berkomunikasi. 5. Lebih efektif dan efisien.
| |
| | | aulia trisnowati
Jumlah posting : 6 Join date : 15.09.12
| Subyek: Re: Materi Kuliah Minggu ke-7 : TIK dalam Pembelajaran Sat Oct 27, 2012 11:28 am | |
| Nama : Aulia Trisnowati NIM : 11005073 PGSD B Penggunaan computer dalam pembelajaran • Alat presentasi: PowerPoint, MagicPoint, MacromediaFlash • e-Book: doc, pdf, html, mht • Sound player: Winamp • Video player: PowerDVD, Windows Media Player • Animasi: MacromediaFlash • Simulasi: building software, application software • rogram ’Excel’ Manfaat computer dalam pembelajaran Selain diigunakan sebagai alat bantu untuk pembelajaran yang interaktif, juga bisa bersifat audiovisual untuk memudahkan proses pembelajaran itu sendiri. Komputer juga memberi kemudahan dalam mencari dan menghasilkan bahan-bahan pembelajaran secara efektif dan efisien yaitu dengan adanya perpustakaan elektroni Dari berbagai cara memanfaatkan komputer untuk pembelajaran tersebut diatas, tetap saja komputer harus kita posisikan sebagai alat atau media pembelajaran. Peran pendidik atau orang tua dalam mengontrol sekaligus melihat perkembangan belajar tetap di butuhkan.
| |
| | | fatimah
Jumlah posting : 2 Join date : 27.10.12
| Subyek: Re: Materi Kuliah Minggu ke-7 : TIK dalam Pembelajaran Sat Oct 27, 2012 11:59 am | |
| Nama :Ambarwati Fatimah Nim :11005059 Prodi :PGSD/B
Penggunaan computer dalam pembelajaran :
• Alat presentasi: PowerPoint, MagicPoint, MacromediaFlash • e-Book: doc, pdf, html, mht • Sound player: Winamp • Video player: PowerDVD, Windows Media Player • Animasi: MacromediaFlash • Simulasi: building software, application software • rogram ’Excel’
Manfaat computer dalam pembelajaran :
Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan - Apa yang sekarang kita rasakan sekarang sangatlah berbeda jauh dengan 10 tahun kebelakang, Teknologi informasi dan komunikasi bisa kita nikmati dalam berbagai bidang. salah satunya dalam bidang pendidikan. para siswa di zaman yang serba canggih ini dituntut bisa menguasai komputer dan internet. namun sangatlah disayangkan dari beberapa siswa yang mulai mengerti dunia komputer dan internet hanya sekedar tegur sapa melalui layanan Jejaring sosial seperti facebook dan Twitter.
Kehadiran Teknologi informasi dan komunikasi, terutama komputer dan internet sudah lama dimanfaatkan oleh negara-negara maju. Misalnya, di negara seperti Inggris, Amerika, dan Jepang, teknologi informasi dan komunikasi digunakan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah-sekolah melalui pemanfaatan komputer dengan didukung teknologi internet. Dengan teknologi komputer dan internet, para siswa atau mahasiswa tidak hanya dapat belajar di dalam kelas. Mereka dapat belajar di mana pun karena hampir semua materi pelajaran dapat diiperoleh melalui CD atau langsung diakses melalui Internet.
| |
| | | Sponsored content
| Subyek: Re: Materi Kuliah Minggu ke-7 : TIK dalam Pembelajaran | |
| |
| | | | Materi Kuliah Minggu ke-7 : TIK dalam Pembelajaran | |
|
Similar topics | |
|
| Permissions in this forum: | Anda tidak dapat menjawab topik
| |
| |
| |
|