ALFHE UAD
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.

ALFHE UAD

Forum yang dapat digunakan sebagai sarana komunikasi dan berbagi para peserta pelatihan ALFHE yang menggunakan active learning dalam perkuliahannya
 
IndeksLatest imagesPencarianPendaftaranLogin

 

 Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2

Go down 
+26
ahmad zulmiyardi
Dedi Irawan
Edi irawan
Suparmiasih
nadiaistiana
uli nurma
meiana wulandari
Fajri R
Dian Kartika Candra Dewi
Nurul Yuni Marfuah
siti mutmainah
Zul Aini Renngur
Anik Indarwati
nour fajria
wahyuningsih fera
Agustinikaw
Rossa Pamela Yunita
Wahyu Dwi Pranita P
KHADIK SULISMAN
dewi nurrohmah
Zein Ardian
karjongko
Handayani
Liya Ilmiasih
netty anggrita sari
Novy Andriani
30 posters
Pilih halaman : 1, 2  Next
PengirimMessage
Novy Andriani




Jumlah posting : 1
Join date : 20.03.13
Lokasi : yogyakarta

Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 Empty
PostSubyek: Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2   Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 I_icon_minitimeWed Mar 20, 2013 11:58 pm

Instructional Technology (Does Technology Hinder or Enhance Learning & Teaching)

Pro dan Kontra menggunakan dan pemanfaatan teknologi internet dalam proses belajar mengajar.

KELOMPOK "PRO"

1. Mempermudah dalam menjelaskan penyampaian materi.
2. Mengatasi ruang, waktu, dan panca indera tanpa harus bertemu dengan guru.
3. Melalui teknologi kejadian dalam masa lalu dibuat dalam bentuk film atau lisan sehingga siswa dapat memahami dan menikmati hasilnya.
4. Penggunaan media yang bervariasi untuk meningkatkan minat dan membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran.
5. Internet lebih praktis dan informasi lebih banyak.
6. Teknologi (internet) dapat di akses dimana-mana (fleksibel).
7. Teknologi memudahkan aktivitas/ kegiatan siswa dan lebih menghemat waktu.

KELOMPOK "KONTRA"

1. Adanya penyalahgunaan teknologi, misalnya menyontek dan plagiarism.
2. Guru dan siswa kurang berinteraksi dengan lingkungannya.
3. Siswa lebih cenderung individualis dan pasif.
4. Penggunaan teknologi lebih cenderung menggunakan satu gaya belajar.
5. Keterampilan dan kreatifitas siswa terbatas.
6. Tidak berdasarkan pengalaman belajar.
7. Membutuhkan biaya dan tenaga terutama untuk daerah terpencil.
8. Teknologi telah memanjakan siswa sehingga membuat siswa malas dan terlalu bergantung pada teknologi.

Monggo, buat teman-teman semua agar dapat berpartisipasi untuk memberikan tanggapannya baik "Pro" maupun "Kontra" .... cheers

Kembali Ke Atas Go down
netty anggrita sari




Jumlah posting : 2
Join date : 20.03.13

Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 Empty
PostSubyek: Re: Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2   Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 I_icon_minitimeFri Mar 22, 2013 9:58 am

menurut saya adanya teknologi dalam pembelajaran sangat membantu sekali dalam hal waktu yang lebih praktis dan tenaga yang lebih hemat.

sebagai contoh : apabila ada tugas tidak usah repot-repot untuk mengumpulkan ke kampus dan mencari dosen-nya dengan melalui teknologi seperti e-mail yahoo/ gmail kita dapat mengirimkan tugas kelompok secara praktis dah tidak harus pergi ke kampus cheers

bagaimana menurut teman-terman yang lain?
Kembali Ke Atas Go down
Liya Ilmiasih

Liya Ilmiasih


Jumlah posting : 6
Join date : 19.03.13
Age : 32
Lokasi : UAD Kampus II Yogyakarta

Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 Empty
PostSubyek: KONTRA TEAM   Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 I_icon_minitimeSat Mar 23, 2013 10:27 am

Teknologi menjadikan banyak orang menjadi malas untuk belajar. mereka lebih seneng untuk plagiarism. Dengan adanya teknologi, sering kali kita temukan adanya terjadi kecurangan dalam penulisan ataupun tugas yang dilakukan oleh siswa bahkan mahasiswa, ini mereka lakukan hanya untuk mempermudah kepentingan pribadi, dengan mengabaikan tindakan yang tentunya salah yang dilakukannya. Ketika siswa diberi tugas untuk membuat makalah, maka mereka merasa tidak perlu pusing-pusing, karena cukup mencari bahan lewat internet dan mengkopi paste, sehingga siswa semakin menjadi malas belajar. Banyak dari mereka yang mengampangkan sebuah tugas karena ada teknologi. Mereka tinggal copy paste. Jika hal seperti itu terus dilakukan oleh penerus bangsa, kemungkinan besar generasi seterusnya akan mengikuti apa yang telah dilakukan generasi sebelumnya.

Alasan lain kenpa siswa menjadi malas belajar adalah dengan adanya peralatan yang seharusnya dapat memudahkan siswa dalam belajar, seperti Laptop dengan jaringan internet, ini malah sering membuat siswa jadi malas belajar, terkadang banyak diantara mereka yang menghabiskan waktunya untuk berinternetan yang hanya mendatangkan kesenangan semata, seprti main Facebook, Chating, Frienster, dll, yang kesemuanya itu tentu akan berpengaruh terhadap minat belajar siswa.

Itu alasan saya kenapa teknologi menghambat proses kegiatan belajar mengajar bahwa teknologi hanya menjadikan siswa malas untuk belajar karena sudah tersedianya fasilitas yang menyediakan apa yang mereka butuhkan tanpa perlu pusing pusing untuk mengerjakanya dan merka kadang malah menggunakan teknologi bukan untuk belajar tapi untuk main facebook, chating, dll.

TERIMA KASIH
Smile


Kembali Ke Atas Go down
Handayani

Handayani


Jumlah posting : 1
Join date : 20.03.13

Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 Empty
PostSubyek: Hasil Debat G minggu 2 contra   Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 I_icon_minitimeSat Mar 23, 2013 10:31 am

Iya gak ya?? Idea
Memang ada baiknya, tetapi kalau untuk di dalam kelas baiknya si tidak tergantung pada teknologi...karena selama ini yang terlihat banyak pembelajaran yang terhambat hanya karena listrik mati, projector rusak, dan pengajar tidak mempersiapkan kemungkinan terburuk lain.
Suspect
Saya juga kurang setuju dengan penggunaan hp didalam kelas, atau ketika mengajar. Bukannya apa, tapi buat saya itu belajar menghargai orang lain karena kemungkinan besar orang lainpun merasa terganggu dan tidak fokus belajar. study

Pada akhirnya, penggunaan teknologi ini memang bergantung pada kebijaksanaan penggunanya.

thaks, Sleep
Kembali Ke Atas Go down
karjongko

karjongko


Jumlah posting : 4
Join date : 20.03.13

Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 Empty
PostSubyek: Re: Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2   Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 I_icon_minitimeSat Mar 23, 2013 10:51 am

Nama: Karjongko(10004447), kelompok 8, posisi Pro to the motion.


sunny Dari sejak awal manusia diciptakan, manusia selalu berfikir ke arah yang lebih baik untuk menjalani kehidupanya. untuk memenuhi kehidupanya manusia selalu melakukan sesuatu hal yang baru, contoh dulu manusia hanya berburu, kemudian berpindah dan bertempat tinggal dan bercocok tanam, kemudian berkembang lagi membuat suatu kelompok-kelompok hingga menjadikan suatu kerajaan yang mempunyai tatanan moral etika ataupun anggah-ungguh dalam kehidupan bermasyarakat. Exclamation

Like a Star @ heaven Sekarang kita berada di era globalisasi, yang semuanya serba canggih bertehnologi. Tehnologi ini tidak mungkin akan tercipta dan terlestarikan jika tidak mempunyai keuntungan bagi masyarakat. Jika tehnologi hanya menyusahkan masyarakat ataupun kehidupan manusia pada umumnya, manusia tidak akan melanjutkan membuat teknologi. jadi ini sa;ah satu bukti terkuat bahwa tehnologi itu ternyata sangat bermanfaat bagi manusia. affraid

Basketball Sekarang ini dalam segala lini kehidupan sangat jarang yang tidak menggunakan produk dari teknologi. khalayak umum cuma menganggap hasil dari teknologi itu seperti : laptop, komputer, HP, mobil, pesawat ataupun yang lainya, tetapi sebenarnya barang yang tidak mengandung unsur listrik itu juga hasil dari teknologi, contoh: candi borobudur adalah produk teknologi zaman dahulu, sedangkan zaman sekarang memproduksi gedung-gedung tinggi yang dapat kita lihat di kota-kota besar seperti Jakarta, Medan, Surabaya, ataupun dinegara-negara maju seperti Amerika, kanada, Jepang, dan negara maju lainya.

study Dalam hal belajar pembelajaran seperti penghapus, papan tulis, kursi, meja, peta itu juga hasil produksi dari teknologi. Semua barang-barang ini sangat membantu proses belajar mengajar, jadi tidak hanya internet saja yang kita claim sebagai teknologi. tanpa ada pabrik, baik pabrik tradisional ataupun modern, mustahil seperti gedung, kursi, meja dan lain-lainnya akan dibuat, serta dinikmati masyarakat untuk membatu kegiatan kehidupanya. drunken

jocolor Disisi lain seperti hal plagiarism yang banyak di lakukan di zaman sekarang, itu tergantung dari sisi individunya sendiri, teknologi itu ibaratkan pisau yang bisa digunakan untuk menyayur, mengupas buah atau bahkan membunuh orang lain sekalipun. dalam proses pembelajaran seorang murid harus tahu dua hal, mana yang salah ataupun mana yang benar, walaupun ada yang menyalahgunakan teknologi, saya pikir itu juga proses dari belajar pembelajaran yang lama kelamaan murid-murid dapat memilah dan memilih mana yang benar dan mana juga yang salah, jadi inilah yang namanya belajar,tidak hanya tahu benarnya saja tetapi bisa tahu salahnya juga, dan bagaimana cara kita untuk mengambil hal yang baik dan meninggalkan hal-hal yang menguntungkan. cherry

farao Zaman sekarang kita tidak bisa hidup tanpa tehnologi, ibarakan pepatah "diamana bumi di pijak, disitulah langit dijunjung" inilah realita yang kita hadapi sekarang. sekarang kita berada di dunia serba canggih dan kita tidak bisa lepas dari tehnologi, alias kita sudah tergantung dengan adanya teknologi. sebagai contoh ketergantungan adalah kita sangat membutuhkan adanya buku-buku dalam proses belajar mengajar, buku-buku ini ada karena adanya teknologi yang memproduksi buku, ada pabrik yang memproduksi tinta sehingga bisa kita gunakan sebagai alat atau media belajar pembelajaran. Saya tekankan sekali lagi bahwa adanya buku-buku, penghapus, pena, kursi, bahkan gedung sekolah akan ada jika ada tehnologi, tanpa tehnologi mustahil semua itu akan ada. albino

alien Jadi kesimpulanya adalah, teknologi sangat membantu pekerjaan manusia, dalam proses belajar mengajar, hanya tinggal murid atau gurunya sekalipun mau menggunakan dengan baik atau tidak. flower


Terakhir diubah oleh karjongko tanggal Wed Apr 03, 2013 1:13 pm, total 1 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
Zein Ardian




Jumlah posting : 5
Join date : 20.03.13
Age : 29

Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 Empty
PostSubyek: Komentar kontra, kelompok 13   Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 I_icon_minitimeSun Mar 24, 2013 8:48 pm

Saya kontra dengan digunakannya teknologi dalam proses belajar. Mengapa?
Seperti kita ketahui dalam dunia maya tersebut kita bisa menemukan apapun yang kita inginkan. Sebagai contohnya artikel tentang mata kuliah yang bersangkutan. Dengan demikian dapat membuat kita menjadi selalu tergantung pada teknologi yang memungkinkan kita untuk menjadi malas berfikir sehingga kualitas ilmu yang diproduksinya berkurang.Selain itu, kualitas siswa dalam berkomunikasi berkurang karena siswa hanya fokus pada intenet sehingga hal itu hanya mementingkan dirinya sendiri. Saat menggunakan internet itu sendiri atau teknologi, siswa akan menggunakannya overuse atau malah di gunakan untuk bermain game sehingga proses belajar tidak akan berjalan dengan lancar. Dari segi kesehatan, itu tidak baik karena akan menganggu kesehatan mata itu sendiri jika siswa selalu menggunakan teknologi ataupun internet. Saat pelajaran berlangsung akan menghabiskan banyak waktu, jika guru dan siswa tidak mengetahui tentang teknologi itu.
Teimakasih. Very Happy

Anis Santosa 10004443
Sefi Zein Ardian 10004449
Mokhamad Aziz Aji A. 10004475




Terakhir diubah oleh Zein Ardian tanggal Tue Mar 26, 2013 9:03 pm, total 3 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
dewi nurrohmah




Jumlah posting : 2
Join date : 22.03.13
Age : 31
Lokasi : yogyakarta

Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 Empty
PostSubyek: Re: Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2   Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 I_icon_minitimeSun Mar 24, 2013 10:07 pm

dalam penggunaan teknology sebaiknya dalam pengawasan orang tua atau orang dewasa, agar dalam penggunaanya tidak salah dan tidak berdampak besar bagi anak-anak. dengan kemajuan teknology dewasa ini, banyak anak-anak yang tidak sepngetahuan orang dewasa menggunakannya sebagai alat mengisi kejenuhan. tetapi, banyak juga yang sebagian melihat2 hl-hal yang tidak bermanfaat.
dan masalah yang sering dihadapi adalah siswa kurang berkonsentrasi didalam kelas. Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
KHADIK SULISMAN

KHADIK SULISMAN


Jumlah posting : 5
Join date : 20.03.13
Lokasi : yogyakarta

Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 Empty
PostSubyek: Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2   Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 I_icon_minitimeTue Mar 26, 2013 12:01 pm

1. Khadik sulisman: Kelompok pro
sesuai dengan motion yakni apakah teknologi membantu atau tidak dalam proses pembelajaran . kelompok kami berpendapat bahwa teknologi membawa dampak positif dan membantu dalam kegiatan pembelajaran. alasannya bisa mentransform apa yang ada dalam pengajar atau guru kepada siswanya. misalnya dalam penggunaan internet internet digunakan sebagai media untuk menyalurkan apa yang ada dalam guru tersebut.. internet disini digunakan sebagai sarana dalam membantu dalam kegiatan pembelajaran sesuai dengan fungsinya. Teknologi bisa membantu atau tidak dalam pembelajaran tergantung pada penggunanya itu sendiri. "Man behind the GUn"
Kembali Ke Atas Go down
http://khadiksulisman.blogspot.com/
Wahyu Dwi Pranita P

Wahyu Dwi Pranita P


Jumlah posting : 2
Join date : 20.03.13
Age : 34
Lokasi : Yogyakarta

Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 Empty
PostSubyek: Re: Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2   Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 I_icon_minitimeTue Mar 26, 2013 6:18 pm

[justify][i]
Cool Saya kontra dengan adanya teknologi di dalam proses pembelajaran dan pengajaran. Karena, di balik segudang manfaat dari teknologi tersebut, sesungguhnya teknologi itu sendiri malah memperlemah kinerja dan potensi penggunanya (pendidik/peserta didik). Membuat kita semakin keranjingan dan sangat bergantung kepada teknologi tersebut. Sebagai contoh, penggunaan internet di dalam kehidupan sehari-hari. Kebanyakan dari kita hanya mengandalkan segala informasi yang sudah tersedia (copy-paste) di dalam dunia internet tanpa mengoptilmalkan kinerja dan potensi otak kita sendiri yaitu mengeksplor serta mengembangkan ide-ide dari pemikiran-pemikiran kita. Kebiasaan tersebut yang berlangsung terus-menerus kenyataannya malah hanya memperdaya kita sebagai pengguna yang sebenarnya juga merupakan pencipta dari teknologi itu sendiri. Demikianlah menurut saya mengapa teknologi itu menghambat proses pembelajaran dan pengajaran. Exclamation
Kembali Ke Atas Go down
Rossa Pamela Yunita

Rossa Pamela Yunita


Jumlah posting : 4
Join date : 20.03.13

Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 Empty
PostSubyek: Pro Team (Kelompok 16)   Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 I_icon_minitimeTue Mar 26, 2013 8:22 pm

Menurut kelompok kami penggunaan internet dalam proses pembelajaran adalah memberi kemudahan dan kecepatan memperoleh informasi di Internet jelas membantu pengguna untuk memberdayakan diri mereka sendiri, Siswa dapat berkomunikasi atau berkonsultasi setiap waktu melalui internet tanpa harus bertatap muka langsung dengan guru, Peserta didik memiliki kebebasan pilihan untuk memutuskan waktu mereka sendiri, tempat, kecepatan, atau jalan untuk belajar

bahan pembelajaran dapat dirancang dengan berbagai macam bentuk sehingga menarik dan memungkinkan peserta didik untuk memahami materi secara cepat dan proses pembelajaran akan menarik serta tujuan pembelajaran tersebut tercapai. Peserta didik dapat menggunakan on-line bahan sebagai bahan referensi belajar mereka sebelum mereka bertatap muka dengan guru di kelas.

Siswa dapat belajar di rumah secara bebas tanpa harus di dampingi guru.
Belajar bahan yang ditingkatkan dengan berbagai media seperti suara, narasi, video, animasi, grafis, dll menyediakan pilihan peserta didik untuk meningkatkan mereka berbeda kecerdasan gaya belajar.
Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy

asal dalam batas wajar penggunaanya bounce

Rossa Pamela Yunita (10004424)
Fatatun Azizah (10004432)
Meiana Wulandari (10004450)

Kembali Ke Atas Go down
Agustinikaw




Jumlah posting : 2
Join date : 20.03.13

Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 Empty
PostSubyek: pro penggunaan teknologi   Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 I_icon_minitimeTue Mar 26, 2013 9:17 pm

kami sangat pro dengan adanya teknologi seperti penggunaan media internet dalam berbagai bidang kehidupan khususnya bidang pendidikan. bagi seorang pendidik, guru, dosen, intruktur, internet mampu membantu dalam pengembangan materi, metode atau sumber referensi, dll. adanya internet pendidik, guru, dosen, intruktur dapat memperluas wawasanya secara nasional maupun internasional bahkan mendunia.
bagi siswa, mereka dapat mencari sumber belajar lainya dengan searching sesuai apa yang mereka cari dan butuhkan. dengan adanya internet di negara berkembang seperti Indonesia ini, tidak boleh ketinggalan teknologi atau populer dengan GAPTEK sehingga kita dapat bergaul secara luas bahkan mendunia. setidaknya kita dapat mengoperasikan bahkan menguasai internet secara positif sebagai kebutuhan, tidak hanya dalam pendidikan tetapi ekonomi maupun sosial yang akan mendatangkan manfaat yang sangat besar bagi kita semua.
Kembali Ke Atas Go down
wahyuningsih fera

wahyuningsih fera


Jumlah posting : 6
Join date : 24.03.13
Age : 32
Lokasi : banjarnegara - yogyakarta

Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 Empty
PostSubyek: debate - Contra team, group 15   Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 I_icon_minitimeTue Mar 26, 2013 9:49 pm

menurut kelompok kami penggunaan teknologi dapat menghambat pembelajaran siswa karena dapat menyebabkan kecanduan. kecanduan tersebut berpengaruh pada bidang kesehatan. Misalnya dalam penggunaan alat alat IT seperti hp, komputer, dll yang sudah kita tahu alat tersebut mengandung radiasi yang sangat berbahaya bagi anggota tubuh. selain itu, kecanduan dalam penggunaan it juga dapat merusak kesehatan mata. pengaruh lain yaitu dalam bidang sosial, siswa menjadi lebih individualis karena terlalu autis dgn gadget yang mereka punya. Dan juga kepribadian siswa menadi tertutup dengan dunia nyata karena mereka terlalu sering berkutik dengan dunia maya.

kelompok 15

terimakasih Very Happy Smile cheers
Kembali Ke Atas Go down
http://raferaanoor.blogspot.com
wahyuningsih fera

wahyuningsih fera


Jumlah posting : 6
Join date : 24.03.13
Age : 32
Lokasi : banjarnegara - yogyakarta

Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 Empty
PostSubyek: debate - Contra team, group 15   Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 I_icon_minitimeTue Mar 26, 2013 9:52 pm

contra team

menurut kelompok kami penggunaan teknologi dapat menghambat pembelajaran siswa karena dapat menyebabkan kecanduan. kecanduan tersebut berpengaruh pada bidang kesehatan. Misalnya dalam penggunaan alat alat IT seperti hp, komputer, dll yang sudah kita tahu alat tersebut mengandung radiasi yang sangat berbahaya bagi anggota tubuh. selain itu, kecanduan dalam penggunaan it juga dapat merusak kesehatan mata. pengaruh lain yaitu dalam bidang sosial, siswa menjadi lebih individualis karena terlalu autis dgn gadget yang mereka punya. Dan juga kepribadian siswa menadi tertutup dengan dunia nyata karena mereka terlalu sering berkutik dengan dunia maya.

kelompok 15
1. fitri hidayanti/10004063 [You must be registered and logged in to see this link.]
2. felicia constantya nurdiyanti/10004070 [You must be registered and logged in to see this link.]
3. fera wahyuningsih/10004386 [You must be registered and logged in to see this link.]

terimakasih Smile Very Happy cheers


Terakhir diubah oleh wahyuningsih fera tanggal Wed Apr 03, 2013 3:22 pm, total 1 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
http://raferaanoor.blogspot.com
nour fajria




Jumlah posting : 4
Join date : 20.03.13
Age : 32
Lokasi : Yogyakarta

Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 Empty
PostSubyek: pro- team kelompok 20   Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 I_icon_minitimeWed Mar 27, 2013 7:53 am

Kami dari kelompok 20 berpendapat bahwa teknologi memiliki dampak positif untuk perkembangan pendidikan .Sekarang ini, anak didik tidak dapat dipisahkan dari internet. Dari mulai Pendidikan Dasar,menengah,sampai mahasiswa saat ini sudah mengenal internet sehingga banyak sekali manfaat yang diberikan oleh internet antara lain ; (1) internet dapat mempengaruhi peningkatan motivasi belajar ,menguatkan pengajaran , menguatkan lingkungan psikologi, selain itu (2) internet mampu merangsang dan memotivasi mahasiswa dalammengembangkan intelektualnya sehingga dapat mengembangkan penelitian dan pengembangan ilmu baik teoritis maupun terapan ,(3) melalui internet dosen dan mahasiswa dapat bertukar informasi. Laughing Laughing Laughing

Kelompok 20 (Pro):
1. Nour Fajria Wahyuningsih ( 10004452 )
2. Maya Elizza ( 10004437 )
3. Yuli Nurmala Sari ( 10004441 )
Kembali Ke Atas Go down
Anik Indarwati




Jumlah posting : 3
Join date : 20.03.13

Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 Empty
PostSubyek: pro team   Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 I_icon_minitimeWed Mar 27, 2013 8:11 am

saya setuju jika teknologi menunjang proses belajar mengajar karena dengan adanya teknologi memudahkan siswa dan guru untuk lebih mudah dalam mengakses materi pembelajaran. contohnya kita sendiri sebagai mahasiswa ketika kegiatan perkuliahan dosen menerangkan didalam kelas dan kita kuarang paham maka kita bisa mempelajari kembali di rumah dengan mengakses lewat website dosen yang mana materi pembelajaranya telah diposting di website dosen atau mungkin dengan meminta materi pembelajaran yang telah disampaikan lewat flashdisk..

cheers albino Laughing


Terakhir diubah oleh Anik Indarwati tanggal Wed Mar 27, 2013 10:54 am, total 1 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
Zul Aini Renngur




Jumlah posting : 5
Join date : 20.03.13

Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 Empty
PostSubyek: Tim Kontra   Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 I_icon_minitimeWed Mar 27, 2013 8:15 am

menurut saya dengan menggunakan teknologi itu kurang efisien karena bisa menyebabkan ketergantungan pada murid, seperti yang kita lihat di zaman sekarang banyak anak-anak sekolahan yang sudah menyalahgunakan teknologi, jadi sebaiknya bagi orang tua untuk lebih memperhatikan kegiatan anak di rumah maupun di luar rumah.
Thank you.... Surprised
Kembali Ke Atas Go down
siti mutmainah




Jumlah posting : 4
Join date : 20.03.13

Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 Empty
PostSubyek: komentar terkait diskusi minggu kedua   Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 I_icon_minitimeWed Mar 27, 2013 8:16 am

berbicara tentang teknologi yang marak di manfaatkan dewasa ini memang memunculkan banyak opini. ada satu sisi pihak yang merasa diuntungkan dan terbantu dengan adanya teknologi, namun ada dilain pihak justru merasa dirugikan. kaitannya dengan pendidikan pun sama. ada kalanya teknologi berperan positif dalam proses pembelajaran khususnya bagi siswa, dan ada kalanya justru berperan negatif. semua itu saya rasa tergantung pada pegunanya itu sendiri, bagaimana memanfaatkan fasilitas yang ada dewasa ini, khususnya teknologi. yang perlu ditekankan disini menurut saya justru bagaimana peran kita sebagai calon pendidik nantinya untuk mengarahan siswa dalam pemanfaatan teknologi untuk hal yang positif. (kaya kue mbok??? hehehe) Laughing Laughing
Kembali Ke Atas Go down
Nurul Yuni Marfuah




Jumlah posting : 4
Join date : 20.03.13

Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 Empty
PostSubyek: kelompok 10 nurul Yuni Marfuah (PRO)   Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 I_icon_minitimeWed Mar 27, 2013 9:17 am

Menurut kelompok kami dengan menggunakan teknologi khususnya internet, guru dan siswa dapat memperoleh informasi jauh lebih banyak dan dari berbagai sumber yang bisa ditemukan.
Belajar menjadi tidak membosankan dan lebih menyenangkan karena bisa dilakukan dimana saja.
Teknologi (internet) lebih bisa menarik minat belajar siswa.
Internet siswa dapat konsultasi pelajaran dengan gurunya kapan saja dan dimana saja, bahkan saat mengalami kendala dalam belajar mereka tetap dapat konsultasi dengan guru melalui dunia maya meskipun diluar jadwal sekolah. Proses belajar tidak saja berlangsung dengan metode tatap muka tapi juga dapat berlangsung melalui jarak jauh.
Kembali Ke Atas Go down
Dian Kartika Candra Dewi




Jumlah posting : 3
Join date : 20.03.13

Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 Empty
PostSubyek: kelompok 10 Dian Kartika Candra Dewi (PRO)   Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 I_icon_minitimeWed Mar 27, 2013 9:20 am

Menurut kelompok kami dengan menggunakan teknologi khususnya internet, guru dan siswa dapat memperoleh informasi jauh lebih banyak dan dari berbagai sumber yang bisa ditemukan.
Belajar menjadi tidak membosankan dan lebih menyenangkan karena bisa dilakukan dimana saja.
Teknologi (internet) lebih bisa menarik minat belajar siswa.
Internet siswa dapat konsultasi pelajaran dengan gurunya kapan saja dan dimana saja, bahkan saat mengalami kendala dalam belajar mereka tetap dapat konsultasi dengan guru melalui dunia maya meskipun diluar jadwal sekolah. Proses belajar tidak saja berlangsung dengan metode tatap muka tapi juga dapat berlangsung melalui jarak jauh.
Kembali Ke Atas Go down
Fajri R

Fajri R


Jumlah posting : 4
Join date : 23.03.13
Age : 31
Lokasi : Jl. Bugisan Selatan, Jomegatan Ngestiharjo Kasihan Bantul

Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 Empty
PostSubyek: KELOMPOK 14 PRO   Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 I_icon_minitimeWed Mar 27, 2013 11:11 am

Saya setuju dengan adanya tekhnologi karena dengan adanya tekhonologi dapat membantu Guru untuk lebih cepat mengakses informasi ( hemat waktu) contohnya saja sekarang kalau mau memberikan materi tambahan kepada muridnya tidak harus bertatap muka tapi hanya cukup menggunakan situs-situs yang ada misalnya seperti Email atau Situs jejaring sosial.
Kembali Ke Atas Go down
meiana wulandari




Jumlah posting : 1
Join date : 20.03.13
Lokasi : indonesia

Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 Empty
PostSubyek: Meiana Wulandari 10004453   Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 I_icon_minitimeWed Mar 27, 2013 12:45 pm

menurut pendapat saya, teknologi dalam dunia pendidikan sangatlah dibutuhkan . tak hanya di dunia pendidikan, di dunia yg lain juga membutuhkan. kalo ga ada teknologi, apa bedanya sm jaman dulu? apa bedanya sama jaman bapak-ibu kita? kalo apa-apa harus manual?

sekarang apa2 udah serba praktis, dikit2 internet. hanya dengan satu "klik" kita udah tau dunia.

kalo dalam pembelajaran, teknologi juga sangat dibutuhkan. membantu dosen dan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas masing2. hemat kertas, hemat waktu.

yg jadi masalah hanyalah apabila listrik mati. nah itu dia, gimana kalo listrik mati terus ga bisa conect ke internet? ga bisa presentasi?

pinter2nya kita aja gimana caranya tugas bisa selesai dgn dan atau tanpa internet. begitu juga dosen. apabila proyektor sedang trouble, jangan langsung memulangkan mahasiswanya. kan ada perpus, mahasiswa bisa mencari materi di perpus. atau dosen tetap menerangkan materi tanpa proyektor.

menurut saya seperti itu teman2 terimakasih
Kembali Ke Atas Go down
uli nurma

uli nurma


Jumlah posting : 2
Join date : 27.03.13
Age : 31
Lokasi : Yogyakarta

Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 Empty
PostSubyek: team pro kelompok 20   Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 I_icon_minitimeWed Mar 27, 2013 1:08 pm

menurut saya, media pembelajaran menggunakan technologi itu sangat membantu dalam menyerap ilmu dengan mudah dan menarik karena jika hanya menggunakan media yg biasa itu monoton ini juga diakui anak2 sekolah dasar selain itu media pembelajaran juga dapat dengan mudah membantu siswa dalam hal mengingat pelajaran. thanks Very Happy flower cheers
Kembali Ke Atas Go down
nadiaistiana

nadiaistiana


Jumlah posting : 4
Join date : 21.03.13
Age : 32

Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 Empty
PostSubyek: Kelompok Pro 4   Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 I_icon_minitimeWed Mar 27, 2013 1:49 pm

Saya dan kawan2 setuju bahwa teknologi dapat meningkatkan proses pembelajaran.karena perkembangan teknologi dari era ke era semakin pesat. Kemajuannya dalam dunia pendidikan juga tak diragukan lagi. Teknologi dapat memberikan banyak efek positif pada dunia pendidikan kita dari tahun ke tahun hingga saat ini. Kemajuan teknologi pun dapat membantu proses belajar mengajar di sekolah lebih efektif,menarik dan inovatif. Dibawah ini adalah beberapa efek positif dari peningkatan teknologi dalam proses belajar mengajar :
• Dengan adanya kemajuan teknologi saat ini, dapat mempermudah interaksi antara guru dan siswa.
• Membantu siswa untuk mengerjakan tugas dan dapat membantu guru untuk mencari materi pelajaran.
• Dapat meningkatkan kualitas belajar mengajar antara guru dengan siswa
• Membuat materi pembelajaran lebih menarik dan kreatif
• Bisa membuat waktu dalam proses belajar mengajar lebih efektif dan efisien.
• Menjadikan materi mengajar dari guru lebih berkualitas
• Dapat merangsang minat siswa akan materi yang diberikan oleh guru pada saat proses belajar mengajar
• Materi pelajaran yang diberikan dapat sesuai dengan perkembangan zaman melalui perkembangan teknologi hinder yang telah tersedia.
• Dapat membantu siswa dalam prakterk pelajaran yang berbasis teknologi.
• Pengalaman guru dan siswa dibidang teknologi jadi bertambah
• Siswa dan guru dapat mengupdate segala informasi secara universal melalui teknologi

Very Happy
nama anggota : 1. Nadia Istiana Furqani (10004469)
2. Riska Widyastuti (10004466)
3. Miftahurrahmah Inayati(10004464)

Kembali Ke Atas Go down
Suparmiasih




Jumlah posting : 1
Join date : 27.03.13

Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 Empty
PostSubyek: kelompok 10 Suparmiasih (PRO)   Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 I_icon_minitimeWed Mar 27, 2013 2:33 pm

Menurut kelompok kami dengan menggunakan teknologi khususnya internet, guru dan siswa dapat memperoleh informasi jauh lebih banyak dan dari berbagai sumber yang bisa ditemukan.
Belajar menjadi tidak membosankan dan lebih menyenangkan karena bisa dilakukan dimana saja.
Teknologi (internet) lebih bisa menarik minat belajar siswa.
Internet siswa dapat konsultasi pelajaran dengan gurunya kapan saja dan dimana saja, bahkan saat mengalami kendala dalam belajar mereka tetap dapat konsultasi dengan guru melalui dunia maya meskipun diluar jadwal sekolah. Proses belajar tidak saja berlangsung dengan metode tatap muka tapi juga dapat berlangsung melalui jarak jauh.
Kembali Ke Atas Go down
Edi irawan

Edi irawan


Jumlah posting : 3
Join date : 21.03.13
Age : 32
Lokasi : jogja

Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 Empty
PostSubyek: Kelompok 18/Pro ( Edi,Hery,Fajar)   Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 I_icon_minitimeThu Mar 28, 2013 2:48 pm

Menurut kelompok kami :

Teknologi harus difasilitasi di sekolah untuk mempermudah pengajaran bahkan meningkatkan proses pengajaran dan pembelajaran karena

Sebagai Sumber Informasi Dan Ilmu Pengetahuan Informasi dan ilmu pengetahuan dapat sampai pada kita melalui berbagai jalan. Seiring dengan majunya teknologi, dewasa ini informasi mengalami perubahan format ke dalam bentuk digital. Ide yang dimuat dalam kertas mulai tergantikan menjadi versi elektronik. Kita memasuki era paperless. Perubahan format ini membuka peluang besar bagi kemudahan akses informasi

Sebagai Model Sistem Pembelajaran TI telah menawarkan beragam bentuk pemanfaatan dalam sistem pembelajaran misalnya Computer Assisted Instruction (CAI), Computer Managed Learning (CML), dan ComputerMediated Communication (CMC). Bentuk pemanfaatan TI yang mutakhir dalam pembelajaran adalah proses pembelajaran maya atau yang dikenal dengan istilah virtual learning. Proses pembelajaran maya terjadi pada kelas maya (virtual classroom) dan atau sekolah maya (virtual school) yang berada dalam cyberspace (dunia cyber) melalui jaringan internet. Proses pembelajaran maya berintikan keterpisahan ruang dan waktu antara siswa dan tenaga pengajar, serta sistem belajar terbuka yang berintikan akses yang terbuka dan kebebasan memilih ragam sumber belajar serta alur proses belajar oleh siswa.

Alasan Lainnya adalah :

• Learners have the freedom of choice to decide their own time, place, pace, or path to study.
• Learning materials could be designed with various entry and exit points that allow the learners to formulate their
own learning strategy.
• Learners can use the on-line materials as preview or/and review depending on their background and knowledge levels.
• Technology is becoming more open and versatile to overcome barriers of different computing platforms.
• Learning materials that are enhanced with various media such as sound, narration, video, animation, graphics, etc. provide learners choices to enhance their different intelligence or learning styles.
• Learners are able to compose their messages at their own pace and communicate to their audience selectively without pressures from their peers.
• Lecturers could participate in the communication as an equal partner or as a tutor, providing timely input to individuals or groups.


18/Heri kurniawan/11304315/http://hurniaanheri.blogspot.com/feeds/posts/default
18/Edi Irawan/10004455/http://ediirawa.blogspot.com
18/Fajar Gunawan/10004472/fajargunawan31@gmail.com
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content





Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 Empty
PostSubyek: Re: Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2   Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2 I_icon_minitime

Kembali Ke Atas Go down
 
Hasil Debat Kelas G Minggu ke- 2
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 2Pilih halaman : 1, 2  Next
 Similar topics
-
» Hasil Debat kelas B minggu ke-2
»  Kajian Media Pembelajaran - Kelas G
» Hasil Keaktifan Porto Folio Minggu ke-2 Kelas B
» Hasil Keaktifan Porto Folio Minggu ke-2 Kelas A
» IT kelas B minggu ke 12

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
ALFHE UAD :: Materi Perkuliahan :: Media dan Sumber Belajar Berbasis ICT-
Navigasi: