ALFHE UAD
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.

ALFHE UAD

Forum yang dapat digunakan sebagai sarana komunikasi dan berbagi para peserta pelatihan ALFHE yang menggunakan active learning dalam perkuliahannya
 
IndeksLatest imagesPencarianPendaftaranLogin

 

 Kajian Media Pembelajaran - Kelas B

Go down 
+11
memet_085
Haiyudi
Wiwit Utami
Kusumaningsih
Min Ervana
diah ayu martadina
rina rahmiati212
dessy sasmita
Titin Suryantini
Zanu Ashari
yywahyup
15 posters
PengirimMessage
yywahyup




Jumlah posting : 42
Join date : 05.10.12

Kajian Media Pembelajaran - Kelas B Empty
PostSubyek: Kajian Media Pembelajaran - Kelas B   Kajian Media Pembelajaran - Kelas B I_icon_minitimeWed Mar 27, 2013 1:59 pm

Ass.wr.wb.

Dari media pembelajaran yg diperoleh (bisa dengan membeli, pinjam dll) silahkan tiap kelompok memberikan kajiannya :

No. Kelompok :

Judul Media Pembelajaran :

Jenis : (video, animasi, game dll)

Kelebihan :

Kekurangan :


Cocok untuk kondisi siswa :
1. .....
2. ..... (isi dengan hasil analisis dari wawancara, observasi ke sekolah)

Tiap kelompok menuliskan hasil kajian dengan me-reply threat ini. Terima kasih.


Terakhir diubah oleh yywahyup tanggal Wed Mar 27, 2013 2:47 pm, total 1 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
Zanu Ashari




Jumlah posting : 5
Join date : 19.03.13
Age : 32
Lokasi : Yogyakarta

Kajian Media Pembelajaran - Kelas B Empty
PostSubyek: kelompok 7   Kajian Media Pembelajaran - Kelas B I_icon_minitimeWed Mar 27, 2013 2:11 pm

Pada kesempatan di pertemuan minggu ke 3 ini.
kelompok kami yang beranggotakan :
1. Zanu ashari nurrohman 10004103
2. Taufiq nurrohman 1004102
3. Fandi ahmad M 10004085

Kajian yang akan kami bahasa yaitu adalah tentang Media pembelajaran yang akan kami ramu kedalam sebuah pembelajaran yang efektif untuk anak SD Jomblangan Banguntapan. Karena kebetulan Sekolah yang kami Observasi Belum mempunyai fasilitas yang begitu memadai. Untuk lebih efektifnya, kami akan menggunakan media Tape Recorder dan Media Game seperti Puzzle atau dengan media Gambar Gambar yang menarik agar supaya siswa - siswi lebih senang dan merindukan kelas yang akan kami beri kemudahan dalam pembelajaran tersebut. Materi yang akan kami ramu kedalam media tentunya akan mempertimbangkan dengan Mentor kami.

Judul :Picture Hobbies
Jenis Media : Gambar dan Puzzle

[You must be registered and logged in to see this link.]

Kelebihan :
1. Siswa Senang karena melihat Gambar Gambar yang Menarik dengan Hobie yang siswa siswanya miliki
2. Siswa mampu menghafal lebih cepat dengan menggunakan Gambar
3. Siswa Akan selalu merindukan susana kelas yang nyaman dan Menarik

Kekurangan :
1. Tidak adanya Fasilitas yang mewah, seperti contoh : LCD proyektor

Media ini sangat cocok untuk siswa SD Jomblangan Banguntapan karena :
1. Siswa sangat tertarik akan adanya gambar.
2. Siswa akan tertarik tentang permainan Puzzle




Terakhir diubah oleh Zanu Ashari tanggal Sat Mar 30, 2013 4:09 pm, total 2 kali diubah (Reason for editing : ini revisi yang telah di rekomendasi)
Kembali Ke Atas Go down
Titin Suryantini




Jumlah posting : 4
Join date : 19.03.13
Age : 32

Kajian Media Pembelajaran - Kelas B Empty
PostSubyek: kelompok 3   Kajian Media Pembelajaran - Kelas B I_icon_minitimeWed Mar 27, 2013 4:56 pm

Nama Kelompok :
1. Dita Ayu FP (10004094)
2. Titin Suryantini (10004112)
3. Olih Wardanis (10004113)

UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA SD DENGAN MENGGUNAKAN HAND PUPPET

Jenis : Alat peraga berupa hand puppet (boneka tangan)

Kelebihan dari hand puppet (boneka tangan) yaitu dapat memotivasi anak-anak dalam belajar bahasa Inggris. yaitu untuk membuat mereka tertarik secara visual terlebih dahulu karena model puppetnya yang bagus, colourful, dan dapat ditampilkan dengan gerakan yang menarik. Untuk selanjutnya baru kemudian menggiring mereka pada materi yang akan diajarkan. Hand puppet (boneka tangan) ini dapat digunakan guru dalam mengajarkan introduction, telling names, ages, hobbies, or greetings.

kekurangan dari hand puppet (boneka tangan) yaitu kelas yang besar merupakan kendala guru dalam mengelola kelas, siswa sulit diajak konsentrasi dan mengikuti instruksi dari guru. kedua guru harus meluangkan waktu untuk mempersiapkan media puppet, kreasi gerakan, mimik dan suara, dan kegiatan kelasnya. ketiga keragaman siswa merupakan kendala lain karena guru harus memahami mereka secara individu.

Hand puppet ini cocok untuk diberikan kepada siswa SD selain model puppetnya yang bagus dan colourful, harganya juga terjangkau. jadi setiap anak dapat memiliki hand puppet tanpa harus mengeluarkan uang yang lebih.

Dari hasil analisis, wawancara dan observasi ke sekolah, berhubung sekolah yang kami observasi belum mempunyai fasilitas yang memadahi, maka agar proses belajar mengajar menjadi efektif, kami akan menggunakan alat peraga hand puppet (boneka tangan) seperti yang kami sebutkan diatas. Menurut kami hand puppet (boneka tangan) adalah salah satu cara jitu yang dapat diterapkan dalam pembelajaran bahasa Inggris di SD terutama kelas I atau II. Dengan hand puppet diharapkan siswa akan senang dalam belajar bahasa Inggris, mereka akan tertarik dengan media gambar dan realia yang digunakan oleh guru sehingga mereka akan lebih mudah memahaminya.


Terakhir diubah oleh Titin Suryantini tanggal Wed Mar 27, 2013 5:39 pm, total 1 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
dessy sasmita

dessy sasmita


Jumlah posting : 4
Join date : 20.03.13
Age : 32
Lokasi : yogyakarta

Kajian Media Pembelajaran - Kelas B Empty
PostSubyek: kelompok 6   Kajian Media Pembelajaran - Kelas B I_icon_minitimeWed Mar 27, 2013 5:12 pm

nama kelompok :
1. Dessy Sasmita 10004097
2. Ikke Dionea 10004108
3. Kurnia Indrayanti 10004086

judul : jenis-jenis busana dalam bahasa inggris

jenis : animasi

kelebihan :
* Tersedianya fasilitas e-moderating di mana guru dan siswa dapat berkomunikasi secara mudah melalui fasilitas internet secara reguler atau kapan saja kegiatan berkomunikasi itu dilakukan dengan tanpa dibatasi oleh jarak, tempat, dan waktu.
* Guru dan siswa dapat menggunakan bahan ajar atau petunjuk belajar yang terstruktur dan terjadwal melalui internet, sehingga keduanya bisa saling menilai sampai berapa jauh bahan ajar dipelajari.
* Siswa dapat belajar atau me-review bahan ajar setiap saat dan di mana saja kalau diperlukan mengingat bahan ajar tersimpan di komputer.
* Bila siswa memerlukan tambahan informasi yang berkaitan dengan bahan yang dipelajarinya, ia dapat melakukan akses di internet.
*Baik guru maupun siswa dapat melakukan diskusi melalui internet yang dapat diikuti dengan jumlah peserta yang banyak, sehingga menambah ilmu pengetahuan dan wawasan yang lebih luas.

kekurangan :
* Kurangnya interaksi antara guru dan siswa atau bahkan antar-siswa itu sendiri. Kurangnya interaksi ini bisa memperlambat terbentuknya values dalam proses belajar dan mengajar.
* Kecenderungan mengabaikan aspek akademik atau aspek sosial dan sebaliknya mendorong tumbuhnya aspek bisnis / komersial.
* Berubahnya peran guru dari semula menguasai teknik pembelajaran konvensional, kini juga dituntut mengetahui teknik pembelajaran yang menggunakan ICT.
* Siswa yang tidak mempunyai motivasi belajar yang tinggi cenderung gagal.
* Tidak semua tempat tersedia fasilitas internet (mungkin hal ini berkaitan dengan masalah tersedianya listrik, telepon, ataupun komputer)
* Kurangnya mereka yang mengetahui dan memiliki keterampilan soal-soal internet, dan
* Kurangnya penguasaan bahasa komputer.

dari hasil wawancara yang telah kami lakukan, bahwa disekolah tersebut sangatlah mendukung dalam segala hal, fasilitas, guru, maupun siswanya. sehingga apabila disekolah tersebut menggunakan media pembelajaran itu akan bisa membantu dan meningkatkan kemampuan siswa disekolah tersebut.
media ini sangat cocok untuk kondisi siswa yang :
1. Siswa yang mampu mengaplikasikan internet maupun tehnologi.
2. Siswa mempunyai fasilitas yang mendukung seperti : laptop, ipad, etc.
3. Siswa mengenal tehnologi dan pengetahuan yang luas tentang tehnologi.


Kembali Ke Atas Go down
rina rahmiati212




Jumlah posting : 3
Join date : 18.03.13
Age : 32

Kajian Media Pembelajaran - Kelas B Empty
PostSubyek: Re: Kajian Media Pembelajaran - Kelas B   Kajian Media Pembelajaran - Kelas B I_icon_minitimeFri Mar 29, 2013 6:43 am

No Kelompok 4:
Riyana Iin trisnawati (10004118)
Rina Rahmiati (10004123)
Anggita Setyarini (10004142)

Judul Media Pembelajaran : Magic Card Games
Jenis : Kartu Bergambar

Kelebihan :
- Dengan menggunakan magic card games ini, kita dapat melatih kosa kata baru siswa khususnya kelas 2 SD dengan sangat mudah dan menyenangkan. Pada dasarnya anak seusia kelas 2 sd yakni sekitar 7-8 tahun mereka sangat suka apabila dalam proses sebuah pembelajarannya disediakan media dengan ha-hal yang menarik, bergambar dan full colour. Tentunya dengan media yang seperti ini mereka akan sangat senang dan tidak merasa terbebani dalam melakukan proses pembelajaran.
- Bermain sambil belajar. Perlu diperhatiakn, mereka akan sangat senang apabila ketika mereka belajar dan dikenalkan hal-hal baru (khususnya dalam pembelajaran kosakata bahasa arab sesuai mata pelajaran yang kami pegang disekolah yang kami kunjungi) sang guru hendaknya menggunakan media yang dapat mengundang ketertarikan siswa dan rasa ingin tahu mereka sehingga proses pembelajaran yang dilakukan akan berjalan dengan lebih fun, istilahnya bermain sambil belajar - serius tapi santai.

Kekurangan :
- karena media ini menggunakan sebuah kartu, biasanya anak-anak akan suka memainkan kartu-kartu tersebut bahkan bisa jadi sampai hilang entah sampai mana mereka membawanya kesana kemari. atau kartu tersebut karena sering dimainkan jadi bisa cepat rusak atau sobek. Maka dihimbaukan untuk guru yang menggunakan media ini hendaknya memperhatikan jenis mutu kualitas bahan pembuatan kartu tersebut. bisa dengan bhan yang lebih tebal atau karton dilaminating dan sebagainya.
- Remember, Too much fun juga tidak baik. bila menggunakan magic card ini terlalu sering, mereka akan terbiasa melalui proses pembelajran yang tidak terlalu serius dan akibatnya mereka mengenyampingkan proses pembelajaran yang bersifat sedikit lebih serius dan ditakutkan pembeljaran yang diberikan tidak benar-benar sampai. maka dari itu, hendaknya guru disamping menggunakan cara yang bersifat games, juga sekreativ mungkin memasukkan proses pembelajran yang lebih serius tapi santai dan pastikan kosakata-kosakata yang diajarkan dpat betul-betul sampai kepada peserta didik.

Dari hasil analisis serta wawancara yang kami lakukan ke sekolah, Tentunya media yang kami pilih sangat cocok untuk kondisi siswa yang baru menginjak usia dini dalam tingkat SD. usia mereka sangat senang akan hal-hal yang bersifat games dan menarik. terlibat langsung dalam proses pembelajrannya, serta jika dengan magic card, tentunya mereka akan lebih cepat mengingat kosakata bahsa arab baru karena kartu tersebut menonjolkan gambar colorfull. pasti lebih attractive dan mengundang rasa ingin tahu mereka. dan media ini juga dikondisikan dengan kondisi siswa yang sangat aktiv di dalam kelas (dalam artian si anak suka berlari-lari didalam kelas, bermain kejar-kejaran dengan teman-temannya), tentu dengan cara ini diharapkan bisa dapat lebih menghandle ketertiban peserta didik didlm kelas. sebenarnya kami memberikan banyak pilihan kepada guru mentor kami yang notabennya adalah guru pengampu mata pelajaran tersebut. beliau memilih media ini karena selain karena faktor diatas, juga dipertimbangkan dari kondisi sekolah yang masih sederhana (belum adanya LCD di setiap kelas) maka dari itu media ini dinilai yang paling cocok dan pas dengan kondisi siswa dan sekolah.
Demikian yang dapat kami laporkan, semoga kita dapat bertukar pengalaman dan sama-sama dapat sambil belajar. Good Luck guys! study
Kembali Ke Atas Go down
http://rinarahmiati212.blogspot.com/
diah ayu martadina

diah ayu martadina


Jumlah posting : 13
Join date : 19.03.13
Age : 32
Lokasi : yogyakarta

Kajian Media Pembelajaran - Kelas B Empty
PostSubyek: Re: Kajian Media Pembelajaran - Kelas B   Kajian Media Pembelajaran - Kelas B I_icon_minitimeFri Mar 29, 2013 10:14 am

Assalamualaikum.wr.wb.

No. Kelompok : 5
Diah ayu martadina (10004148)
Restu Mahanani (10004144)
Neti Indri W.S (10004153)


Judul Media Pembelajaran : CLASSROOM
jenis : (diskusi)

Kelebihan : dengan jenis "diskusi" akan membuat lebih menarik dalam media pembelajaran untuk SMA yang sudah menjadi sasaran kelompok kami. karena ini untuk SMA, yang mana materi yang diajarkan cukup sulit sehingga jenis media classroom akan membuat siswa lebih cepat mengerti. disamping itu, media ini cocok untuk SMA yang kami pilih karena sedikitnya siswa dalam satu kelas. jenis media ini tidak menuntut untuk menggunakan teknologi (alat) seperti LCD proyektor, mikrofon (alat pengeras suara) dll. media classroom termasuk simple dalam banyak hal.

Kekurangan :
kekurangan media ini yang pertama butuh banyak waktu untuk mengkondisikan kelas. kedua, kelas cepat merasa jenuh, dan yang terakhir adalah jenis diskusi tidak selamanya membuat siswa nyaman karena terkadang dalam satu kelompok berbeda karakter dalam penyampaian ide mereka yang mana ini dapat memicu perdebatan yang kadangkala berujung pertengkaran.


dari hasil observasi kami, terlihat jelas media classroom ini sangat cocok untuk SMA yang kami pilih. alasan pertama dari hasil wawancara kami bersama ibuk Sri yang mana mengampu mata kuliah B. Inggris adalah: sedikitnya siswa dalam kelas tersebut, yang kedua kurang minatnya dari siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar, kurangnya fasilitas yang digunakan sehingga siswa seringkali merasa jenuh berada didalam ruangan (kelas). ibu Sri seringkali merasa kesulitan dalam penyampain materi kepada siswa dengan terbatasnya fasilitas dari SMA tersebut. dari hasil perundingan kami dengan beliau (21 maret 20013) bahwa media classroom ini memang sudah menjadi incaran kami dengan melihat situasi dan kondisi dari siswa itu sendiri maupun dari fasilitasnya.

mungkin itulah dari kelompok kami untuk lebih jelasnya silahkan buka blog [You must be registered and logged in to see this link.] atau restumahananiyh.blogspot.com
terima kasih

wassalamualaikum.wr.wb


Terakhir diubah oleh diah ayu martadina tanggal Sun Mar 31, 2013 6:00 am, total 1 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
Min Ervana

Min Ervana


Jumlah posting : 6
Join date : 19.03.13
Age : 32
Lokasi : Yogyakarta

Kajian Media Pembelajaran - Kelas B Empty
PostSubyek: Re: Kajian Media Pembelajaran - Kelas B   Kajian Media Pembelajaran - Kelas B I_icon_minitimeFri Mar 29, 2013 10:54 am

Assalamualaikum Wr Wb

No. Kelompok : 17
Min Ervana ( 10004080 )
Nanda Lahita ( 10004079 )
Ari Fermawati ( 10004082 )


Judul Media Pembelajaran : Classroom Learning
Jenis : Games

Kelebihan : dengan jenis "games" akan membuat lebih menarik dalam media pembelajaran untuk anak Sekolah Dasar. Anak anak akan lebih bersemangat dalah belajar khususnya pelajaran Matematika. Seperti yang kita ketahui pada saat ini, Matematika adalah mata pelajaran yang diajarkan dengan cara monoton saja. Guru sebagai center-learning. Namun, dengan jenis media games ini justru sebaliknya. Murid sebagai center-learning bukan gurunya. Pelajaran Matematika akan lebih menyenangkan dengan games.

Kekurangan :
kekurangan media ini membutuhkan mwaktu untuk membuat rancangan game. Siswa cenderung gaduh di kelas.


Dari hasil observasi kami, jelas sudah bahwa kami akan menggunakan games dalam pembelajaran Matematika. Sebuah media games Matematika sudah kami dapatkan pula untuk menunjang pembelajaran Matematika agar tidak membosankan dan ada fariasi lain dari pembelajaran Matematika itu sendiri.

Media pembelajaran ini sangat cocok digunakan untuk siswa SD Trowono II. Kami tahu bahwa murid kelas 3 SD sering bosan dan malas ketika menerima pelajaran secara monoton saja,yaitu ketika guru hanya menjelaskan di depan saja sesuai dengan materi pembelajaran.

Itulah hasil diskusi materi pembelajaran yang akan kami gunakan untuk pelajaran Matematika siswa kelas 3 SD. Untuk lebih jelasnya klik [You must be registered and logged in to see this link.]

Terimakasih,

Wassalam'ualaikum Wr.Wb


Terakhir diubah oleh Min Ervana tanggal Wed Apr 03, 2013 1:22 pm, total 1 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
http://www.remindoferfata.blogspot.com
Kusumaningsih




Jumlah posting : 4
Join date : 18.03.13

Kajian Media Pembelajaran - Kelas B Empty
PostSubyek: KELOMPOK 12   Kajian Media Pembelajaran - Kelas B I_icon_minitimeFri Mar 29, 2013 11:39 am

NO KELOMPOK : 12


Judul media pembelajaran : CLASSROOM ( Meningkatkan Vocabulary Bahasa Arab dengan menggunakan media Video Animasi yang memuat gambar dan suara sesuai dengan materi - materi pembelajarannya )

Jenis : Video

Kelebihan :

- Pembelajaran akan menarik perhatian siswa sehingga menumbuhkan motivasi dalam belajar siswa.
- Bahan pengajaran akan lebih jelas maknanya sehingga siswa dapat menguasai serta memahami tujuan pengajaran.
- Metode mengajar akan lebih bervariasi, sehingga siswa tidak akan mudah bosan dan guru tidak kehabisan tenaga dalam mengajar.
- Siswa akan lebih banyak melakukan kegiatan belajar. Karena siswa aktif dalam mendengarkan, mengamati, dan melakukan, serta mendemonstrasikan uraian guru.
- Siswa dapat memperoleh pengalaman langsung dan praktis, sekalipun pada awalnya kalimat yang diucapkan itu belum dimengerti dan dipahami sepenuhnya.
- Alat ucap (lidah) peserta didik menjadi terlatih, dan jika sering mendengar maka itu akan mudah diucapkan.


Kekurangan :

- Pada tingkat-tingkat permulaan, bagi siswa kelihatannya metode ini terasa sulit diterapkan, karena siswa belum memiliki bahan atau perbendaharaaan kata-kata yang sudah dimengerti. Sehingga apa yang didengarkan dari guru adalah sesuatu yang asing bagi mereka. Hal ini apabila tidak diimbangi dengan motivasi, akan membuat mereka bosan dan kurang perhatian.
- Belum adanya fasilitas LCD di setiap kelas namun LCD terdapat di dalam Laboratorium Komputer di sekolah sehingga proses belajar mengajar harus dilakukan dengan berpindah ruang terlebih dahulu.


Dari hasil wawancara dan observasi ke sekolah, pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan media berupa video animasi akan menarik perhatian siswa SD kelas 3 karena video tersebut berisi gambar-gambar dan suara yang dapat menarik perhatian siswa, sehingga hal itu dapat menumbuhkan motivasi dalam belajar siswa dan akan lebih meningkatkan pemahaman tentang kosakata Bahasa Arab tersebut. Dengan melihat jumlah siswa yang ada sekitar 18 siswa guru akan mudah mengkondisikan siswanya. Sehingga media video animasi dapat membuat siswa - siswa tersebut mendapatkan pelajaran yang lebih bervariasi dari guru dan tidak membuat siswa merasa bosan.


Terakhir diubah oleh Kusumaningsih tanggal Fri Apr 05, 2013 12:07 pm, total 1 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
Wiwit Utami




Jumlah posting : 5
Join date : 19.03.13

Kajian Media Pembelajaran - Kelas B Empty
PostSubyek: MEDIA PEMBELAJARAN   Kajian Media Pembelajaran - Kelas B I_icon_minitimeFri Mar 29, 2013 2:04 pm

No. Kelompok: 18

Judul Media Pembelajaran: Non-Projected Visuals

Jenis: Relia, Still Pictures

Kelebihan:
- mudah menyediakan atau mempersiapkan medianya baik bagi pengajar maupun siswa.
- tidak membutuhkan banyak waktu pengkondisian saat media akan digunakan di kelas.
- siswa akan aktif karena mereka dituntut berperan dalam menggunakan relia.
- siswa dapat membawa sebagian media (alat peraga, relia) sendiri.
- menarik perhatian siswa.

Kekurangan:
- dibutuhkan penguasaan kelas yang baik oleh pengajar agar siswa tidak bermain sendiri dengan medianya.
- dibutuhkan pengawasan terhadap media agar terhindar dari kerusakan dan kehilangan, supaya tidak menghambat penggunaan media diwaktu selanjutnya.

Kondisi siswa:
berdasarkan hasil observasi terhadap siswa SD kelas 4 dan tanya jawab dengan guru terkait, maka media pembelajaran ini cocok diterapkan pada siswa tersebut dengan alasan sebagai berikut:
- target penerapan media adalah young learners.
- siswa mudah memperoleh medianya.
Kembali Ke Atas Go down
Haiyudi

Haiyudi


Jumlah posting : 4
Join date : 19.03.13
Age : 31
Lokasi : Yogyakarta

Kajian Media Pembelajaran - Kelas B Empty
PostSubyek: Re: Kajian Media Pembelajaran - Kelas B   Kajian Media Pembelajaran - Kelas B I_icon_minitimeFri Mar 29, 2013 2:24 pm

Judul : Grow with English
Kel : 2
Syam Ashari (10004145)
Haiyudi (10004150)
Fuad Amsyari (10004152)
Jenis : Animasi

Kelebihan : Menarik dari segi
1. Layout
2. Warna
3. Mudah digunakan
4. Mudah didapat dengan harga terjangkau

kekurangan
1. Harus di instal terlebih dahulu dan jika ingin menggunakan nya harus beserta CDnya.
2. Perintahny sedikit sulit dipahami oleg anak2
3. Harus dalam bimbingan orang tua


Berdasarkan hasil survei kami ke sekolah yakni SMP Muh. 2 YK, media semacam ini sangat mendukung untuk digunakan dalam proses belajar mengajar karena fasilitas yang disediakan oleh sekolah sangat memadai. selain itu, menurut hasil wawancara kami, kebanyakan siswa-siswi di sekolah ini sangat menyukai hal yang berkaitan dengan komputer, internet dan juga segala macam yang berbentuk IT sehingga ini akan meningkatkan minat belajar mereka dengan menggunakan media pembelajaran semacam ini. disamping itu juga mayoritas mereka memiliki komputer (laptop masing2) sehingga media ini dapat dipakai dalam lingkungan keluarga dalam bimbingan orang tua.
Kembali Ke Atas Go down
memet_085




Jumlah posting : 7
Join date : 21.03.13

Kajian Media Pembelajaran - Kelas B Empty
PostSubyek: Kajian Media Pembelajaran Kelompok 10   Kajian Media Pembelajaran - Kelas B I_icon_minitimeFri Mar 29, 2013 3:18 pm

Assalamualaikum. Wr. Wb
Kami dari Kelompok 10 yang beranggotakan:
Fachruddin Indrakumara 10004120
Rahmat Alfian 10004111
Rahmad Eryanto 10004140

Melaporkan hasil wawancara kami yang berkaitan dengan penggunaan teknologi dalam pembelajaran di kelas
Judul : Memperkaya Vocabulary Siswa SDIT dengan Media Picture Video Descriptor (PVD)
Jenis : Animasi

Kelebihan :
1. Kegiatan belajar mengajar bisa dilakukan secara billingual, artinya memungkinkan adanya interaksi antara guru
dengan murid, karena siswa secara umum tertarik dengan media gambar bergerak.
2. Pelajaran tidak monotone, dengan adanya animasi maka para siswa akan merasa lebih tertarik.
3. Memungkinkan siswa untuk mengembangkan background knowledge mereka terhadap materi yang sedang diajarkan
karena sebagian besar siswa pasti tidak asing dengan media video.
4. Guru bisa menjelaskan materi dengan mudah tanpa harus mempraktikan bentuk bendanya karena sudah ada animasinya.

Kekurangan :
1. Guru harus lebih paham bagaiman cara mengoperasikan media tsb.
2. Harus ada komputer atau media lainnya untuk bisa mengoperasikan media tsb.
3. Siswa tidak bisa memperdalam pemahamannya ketika mereka tidak di sekolah, karena tidak semua siswa memiliki
medianya.
4. Manajemen waktu mungkin bisa mengalami kendala, karena jika guru ingin mengajar dengan media itu akan banyak
waktu terbuang terutama ketika mempersiapkan semuanya.

Berdasarkan hasil survei di SDIT Insan Utama, JL Lingkar Selatan. Berdasarkan wawancara dan survei kami di sekolah, media yang akan digunakan ini sangat mendukung kegiatan belajar mengajar anak-anak SD karena sewaktu guru membawakan benda atau media misalnya, gambar, mainan, anak anak sering berebut untuk mendapatkan barisan yang paling depan, sehingga yang berada di barisan paling belakang sulit untuk menangkap materi dan melihat gambar yang di bawakan oleh guru. sehingga dengam]n media ini anak akan dipermudah untuk menangkap materi karena materi akan ditampilkan melalui LCD di depan kelas.
Anak-anak juga tidak akan merasa bosan karena kelas seolah olah menjadi seperti dunia luar, nyata dan penuh warna. Dengan hal ini anak akan cepat mengingat dan merekan materi yang disampaikan.

[You must be registered and logged in to see this link.]


Terakhir diubah oleh memet_085 tanggal Fri Mar 29, 2013 7:52 pm, total 1 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
rondiyah.rondiyah




Jumlah posting : 4
Join date : 20.03.13
Age : 33
Lokasi : bantul

Kajian Media Pembelajaran - Kelas B Empty
PostSubyek: Re: Kajian Media Pembelajaran - Kelas B   Kajian Media Pembelajaran - Kelas B I_icon_minitimeFri Mar 29, 2013 6:42 pm

No. Kelompok : 15

Rondiyah (10004088)
Eni Sujiyati (10004081)
Rosadillah Rahayu ( 10004098 )

Judul Media Pembelajaran : classrooms

Jenis : video

Kelebihan : penggunaan media pembelajaran ini akan lebih menarik bagi pembelajaran bahasa inggris untuk anakanak SMP, di sini adalah SMP Muhammadiyah Jetis, Bantul. dengan penggunaan media ini akan mendorong anak dalam meningkatkan penguasaan terhadap pelajaran bahasa inggris karena mereka dapat menikmati penggunaan video yang content nya bahasa inggris. mereka dapat belajara bahasa inggris tanpa tergantung pada gurunya, jadi di sini guru hanya sebagai fasilitator bukan sebagai centered teaching.

Kekurangan : dalam penggunaan video ini kekuranngannya adalah mereka akan lebih terfokus pada gambar pada video, bukan pada penggunaan bahasa yang terdapat pada video tersebut.


Cocok untuk kondisi siswa :
1. langkah ini cocok untuk mereka karena adanya juga fasilitas yang mendukung dalam penggunaan media dengan menggunakan video tersebut, siswa SMP Muhammadiyah akan lebih menikmati pembelajaran bahasa inggris melalui media ini.

Kembali Ke Atas Go down
guepatrick




Jumlah posting : 2
Join date : 27.03.13

Kajian Media Pembelajaran - Kelas B Empty
PostSubyek: Re: Kajian Media Pembelajaran - Kelas B   Kajian Media Pembelajaran - Kelas B I_icon_minitimeFri Mar 29, 2013 8:24 pm

No.Kelompok : 01

1. AHMAD FATHONI ( 10004104 ) anfieldgank.wordpress.com
2. RONALDI ( 10004090 ) Ronalddi.wordpress.com
3. SEPTIAN LIANDY ( 10004114 ) tjahvipnatuna4ever92.wordpress.com
4. ARIO JUWANTORO ( 09004036 ) patrickstar677.wordpress.com

Tempat Observasi : SD Muhammadiyah II Wonokromo

Sekilas observasi : penggunaan media belumlah terlalu maksimal namun telah ada kegiatan extra kurikuler yang menggunakan komputer yang kami rasa merupakan kesempatan untuk memperkenalkan teknologi media terutama untuk pembelajaran bahasa Inggris


Jenis media pembelajaran : software pembuat soal yaitu hot potatoes dan eassyquiz


Kelebihan : kedua software pembuat soal ini merupakan terobosan yang cukup unik karena guru ataupun pembimbing dapat membuat soal lebih variatif dan menyenangkan ketimbang membuat soal yang umumnya hanya berupa media kertas,lks,dsb ,selain menambah wawasan software ini dapat mengembangkan syaraf motorik dan nilai kreatifitas anak karena dalam setiap tugas dapat di kombinasikan antara gambar dan suara.


kekurangan : aplikasi software ini bisa dikatakan cukup rumit untuk pembimbing ataupun siswa jika tidak didampingi terlebih dahulu karena mempunyai beberapa tahapan cara agar soal yang dihasilkan bisa lebih variatif.





Kembali Ke Atas Go down
Umi Nurwahyuni




Jumlah posting : 5
Join date : 20.03.13
Age : 31
Lokasi : Yogyakarta

Kajian Media Pembelajaran - Kelas B Empty
PostSubyek: Media Pembelajaran Kelompok 13    Kajian Media Pembelajaran - Kelas B I_icon_minitimeSun Mar 31, 2013 9:44 pm

Nama kelompok :
Umi Nurwahyuni (10004061)
Yenni Melisawati (10004057)
Dora Ferisa Verananda (10004037)

Judul media pembelajaran : colorful audiovisual flash card
Jenis : animation video with song

sekolah : SD Muhammadiyah Pandeyan, Sewon, Kab. Bantul


Kelebihan :
Sebagai media pembelajaran yang komunikatif dan interaktif dalam proses pembelajaran .
Menarik minat siswa dalam belajar karena menyuguhkan tampilan-tampilan yang menarik didukung dengan "sound" yang sesuai.
Bisa dikatakan sebagai suatu "alternatif baru" yang mungkin belum terlalu banyak diterapkan disekolah-sekolah khususnya yang berada di daerah pedesaan sehingga bisa dikatakan masih "fresh" untuk mengusir kebosanan siswa dalam belajar.


Kekurangan :
Guru harus mempunyai pemahaman yang baik tentang media yang akan digunakan dan bagaimana efisiensi waktunya jika diterapkan didalam kelas dengan siswa yang beraneka karakter pula.
Dalam penggunaan media ini, harus didukung sarana tekhnologi misalnya komputer yang nantinya akan digunakan untuk pengoperasian media ini.


Berdasarkan hasil survei yang kami lakukan di SD Muhammadiyah Pandeyan, Sewon, Kab. Bantul, media ini sangat cocok diterapkan di sekolah ini dikarenakan media ini merupakan salah satu solusi atas masalah kurang pahamnya siswa dengan materi pembelajaran dikarena tidak adanya "pembaharuan" dalam proses pengajaran (tehnik monoton dalam penyampaian materi ) . Untuk itulah, media ini diharapkan menjadi metode yang ampuh dalam penyampaian materi secara efektif dan menarik namun tetap mendidik siswa untuk aktif dikelas, serta dapat menciptakan atmosfir kelas yang menyenangkan bagi para siswa.

Untuk lebih jelasnya tentang media ini Klik link ini [You must be registered and logged in to see this link.]

Terima kasih. itulah sekilas singkat tentang media pembelajaran kelompok kami. semoga bermanfaat. GANBATTE NE Smile Very Happy bounce bounce !! yatta yatta cheers cheers cheers

Kembali Ke Atas Go down
Khithokh Kurniati




Jumlah posting : 2
Join date : 28.03.13

Kajian Media Pembelajaran - Kelas B Empty
PostSubyek: Re: Kajian Media Pembelajaran - Kelas B   Kajian Media Pembelajaran - Kelas B I_icon_minitimeWed Apr 03, 2013 1:03 pm

Nama kelompok (16)
1. Khithokh Kurniati (08004369)
2. Yunika Nirmawati (08004370)
Judul : penambahan vocabulary untuk anak-anak usia 7-9 tahun.
media : song dan flash cards
Tempat observasi: SD Muhammadiyah Kauman.
kelebihan :
1. siswa akan lebih tertarik dengan media song karena mereka merasa lebih fun.
2. siswa lebih senang dengan melihat berbagai macam gambar.
3. siswa akan mudah mengingat materi pelajaran.

Kekurangan :

1. sulit untuk mengkondisikan siswa dikelas.
2. siswa sering merasa jenuh.

Dari hasil observasi kemaren, kami bertemu dengan guru bhs inggris kelas 1-4. Kami disambut baik dengan beliau. Kami langsung menawarkan bantuan untuk membantu proses pembelajaran dengan media pembelajaran. Beliau langsung menyetujui tawaran kami. Kemudian kami menanyakan apakah ada alat yang menunjang untuk diadakan media pembelajaran. Beliau memberikan arahan untuk membuat media song atau flash cards. Karena siswa sangat antusias dan tertarik apabila saat pembelajaran ada variasi lagu. siswa lebih mudah mengingat dengan gambar.
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content





Kajian Media Pembelajaran - Kelas B Empty
PostSubyek: Re: Kajian Media Pembelajaran - Kelas B   Kajian Media Pembelajaran - Kelas B I_icon_minitime

Kembali Ke Atas Go down
 
Kajian Media Pembelajaran - Kelas B
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
»  Kajian Media Pembelajaran - Kelas G
» PENILAIAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKA VISUAL DESIGN KELAS B
» PENGUMUNAN
» PENILAIAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKA VISUAL DESIGN KELAS G
» Materi Kuliah Minggu ke-7 : TIK dalam Pembelajaran

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
ALFHE UAD :: Materi Perkuliahan :: Media dan Sumber Belajar Berbasis ICT-
Navigasi: