ALFHE UAD Forum yang dapat digunakan sebagai sarana komunikasi dan berbagi para peserta pelatihan ALFHE yang menggunakan active learning dalam perkuliahannya |
| | Kajian Media Pembelajaran - Kelas G | |
|
+14nadiaistiana Rossa Pamela Yunita Fajri R mayalizza nour fajria Zul Aini Renngur dewi nurrohmah M. Elyas Indah Kece Heri Kurniawan karjongko Nurul Yuni Marfuah Liya Ilmiasih yywahyup 18 posters | Pengirim | Message |
---|
yywahyup
Jumlah posting : 42 Join date : 05.10.12
| Subyek: Kajian Media Pembelajaran - Kelas G Wed Mar 27, 2013 1:59 pm | |
| Ass.wr.wb.
Dari media pembelajaran yg diperoleh (bisa dengan membeli, pinjam dll) silahkan tiap kelompok memberikan kajiannya :
No. Kelompok :
Judul Media Pembelajaran :
Jenis : (video, animasi, game dll)
Kelebihan :
Kekurangan :
Cocok untuk kondisi siswa : 1. ..... 2. ..... (isi dengan hasil analisis dari wawancara, observasi ke sekolah)
Tiap kelompok menuliskan hasil kajian dengan me-reply threat ini. Terima kasih. | |
| | | Liya Ilmiasih
Jumlah posting : 6 Join date : 19.03.13 Age : 32 Lokasi : UAD Kampus II Yogyakarta
| Subyek: Re: Kajian Media Pembelajaran - Kelas G Mon Apr 01, 2013 1:36 pm | |
| no kelompok : kelompok 11 1. Liya Ilmiasih 10004431 2. Nur Vita H 10004479 3. Riezky Binta K 10204485 Judul : genre atau jenis text dalam bahasa inggris Jenis : video Kelebihan : * Tersedianya fasilitas LCD dan projector sehingga memudahkan kegiatan pembelajaran menggunakan Video yang berkaitan dengan jenis text dalam bahasa inggris. * Guru dan siswa dapat mendiskusikan apa yang telah mereka pelajari hari ini setelah melihat video dan menggunakan buku ajar yang telah menjadi panduan untuk siswa dan guru dalam belajar genre atau jenis text. * Siswa dapat belajar dengan menggunakan fasilitas internet atau online secara langsung untuk menambah informasi yang berkaitan dengan jenis text dalam bahasa inggris. * Siswa akan lebih paham dengan pembelajaran menggunakan video karena kegiatan mendengar dan melihat sehingga pesan yang disampaikan cepat dan mudah diingat. * Jika siswa belum paham dengan materi yang disampaikan lewat video yaitu cerita, guru dapat mengulang untuk menambah kejelasan atau memberi mereke video untuk dipelajari kembali dirumah. *Pembelajaran menggunakan video dapat membantu siswa mengembangkan pikiran, imajinasi dan pendapat mereka. * Pembelajaran menggunakan video mampu memperjelas hal-hal yang abstrak dan memberikan gambaran yang lebih relistis * Pembelajaran menggunakan video sangat kuat mempengaruhi emosi seseorang * Pembelajaran menggunakan video sangat baik menjelaskan suatu proses dan ketrampilan, mampu menunjukkan rangsangan yang sesuai dengan tujuan dan respon yang diharapkan dari siswa *Semua siswa dapat belajar baik yang pandai ataupun yang kurang pandai *Pembelajaran menggunakan video dapat menumbuhkan minat dan motivasi belajar` Kekurangan : *Ketergantungan siswa karena sering belajar menggunakan video, sehingga mereka kurang termotivasi jika belajar tanpa menggunakan video. * Siswa menjadi kurang komunikatif karena metode pembelajaran video mengurangi interaksi sosial langsung antara guru dengan murid. Hasil wawancara yang telah kami lakukan, bahwa SMAN 1 PLERET sangatlah mendukung dalam segala hal, fasilitas, guru, maupun siswanya, sehingga apabila menggunakan media pembelajaran berupa video. Hal tersebut sangatlah membantu baik dalam proses kegiatan belajar mengajar ataupun meningkatkan kemampuan siswa. Media ini sangat cocok untuk kondisi siswa yang : 1. Siswa mempunyai fasilitas yang mendukung seperti : DVD, Laptop, Ipad dll. 2. Siswa yang sudah dewasa setara dengan SMA. 3. Siswa yang jarang nonton video sehingga mereka termotivasi untuk belajar lewat video. Terima Kasih | |
| | | Nurul Yuni Marfuah
Jumlah posting : 4 Join date : 20.03.13
| Subyek: Re: Kajian Media Pembelajaran - Kelas G Wed Apr 03, 2013 12:11 pm | |
| No kelompok : kelompok 10 1. Suparmiasih (08004037) 2. Dian Kartika Candra Dewi (10004084) 3. Nurul Yuni Marfuah (10004110)
Judul media pembelajaran : CLASSROOM ( Meningkatkan Vocabulary Bahasa Inggris dengan menggunakan media Video Animasi yang memuat gambar dan suara sesuai dengan materi - materi pembelajarannya )
Jenis : Video
Kelebihan : -Mengembangkan imajinasi siswa - Pembelajaran akan menarik perhatian siswa sehingga menumbuhkan motivasi dalam belajar siswa. - Metode mengajar akan lebih bervariasi, sehingga siswa tidak akan mudah bosan dan guru tidak kehabisan tenaga dalam mengajar. -Menambah kosakata yang dimiliki siswa - siswa aktif dalam mendengarkan, mengamati, dan melakukan, serta mendemonstrasikan uraian guru. - Siswa dapat memperoleh pengalaman langsung dan praktis, sekalipun pada awalnya kalimat yang diucapkan itu belum dimengerti dan dipahami sepenuhnya.
Kekurangan : - Belum adanya fasilitas sound di sekolah dan LCD yang disediakan masih sedikit dan jarang digunakan. Karena keterbatasan tempat dan belum semua guru menguasai pemakain LCD. -Siswa menjadi kurang komunikatif.
Dari hasil wawancara yang telah kami lakukan, di SD Muhammadiyah Karang Tengah sangatlah mendukung dalam segala hal, fasilitas, guru, maupun siswanya, dalam penggunaan media pembelajaran berupa video. Karena pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan media berupa video animasi akan menarik perhatian siswa SD yang berisi gambar-gambar dan suara , sehingga hal itu dapat menumbuhkan motivasi dalam belajar siswa dan akan lebih meningkatkan kosa kata bahasa inggris tersebut.
Media ini sangat cocok untuk kondisi siswa yang : 1. Siswa yang jarang menonton video yang disertai dengan suara 2. Siswa mempunyai fasilitas yang mendukung seperti : LCD dan leptop.. Terima Kasih | |
| | | karjongko
Jumlah posting : 4 Join date : 20.03.13
| Subyek: Hasil diskusi kelas Wed Apr 03, 2013 1:06 pm | |
| Nama Kelompok: 1. Karjongko (10004447) 2. Wahyu hidayat (10004456) 3. Dedi Irawan (10004454) (' ')Kelebihan dan Kelemahan Media Video Pembelajaran Kelebihan Media Video Pembelajaran • Mengatasi jarak dan waktu • Mampu menggambarkan peristiwa-peristiwa masa lalu secara realistis dalam waktu yang singkat • Dapat membawa siswa berpetualang dari negara satu ke negara lainnya, dan dari masa yang satu ke masa yang lain. • Dapat diulang-ulang bila perlu untuk menambah kejelasan • Pesan yang disampaikannya cepat dan mudah diingat. • Mengembangkan pikiran dan pendapat para siswa • Mengembangkan imajinasi • Memperjelas hal-hal yang abstrak dan memberikan penjelasan yang lebih realistik • Mampu berperan sebagai media utama untuk mendokumentasikan realitas sosial yang akan dibedah di dalam kelas • Mampu berperan sebagai storyteller yang dapat memancing kreativitas peserta didik dalam mengekspresikan gagasannya. Kelemahan Media Video Pembelajaran 1. sebagaimana media audio-visual yang lain, video juga terlalu menekankan pentingnya materi ketimbang proses pengembangan materi tersebut; 2. pemanfaatan media ini juga terkesan memakan biaya tidak murah 3. dan penanyangannya juga terkait peralatan lainnya seperi videoplayer, layar bagi kelas besar beserta LCDnya, dan lain-lain. (' ') Hasil diskusi kami kami mau menggunakan media Video, karena di SMA 1 PLERET sudah mempunyai LCD disetiap kelasnya, jadi ini mempermudah untuk memutar videonya, kemudian pembelajaran melalui video itu juga sangat menyenangkan, karena kita akan serasa tidak belajar terlalu berat, tetapi inti dari pelajaran dengan mudahnya kita pahami dengan santai serius selesai, dan kelemahan media ini adalah ketika LCDnya rusak, atapun listriknya mati, maka kita tidak bisa menggunakan media ini. kamj pikir bahwa mati listrik atau LCD rusak itu sangat jarang terjadi, dan sumber pembelajaran menggunakan media video sangat mudah. Kita mendownload di youtube, beli kaset pembelajaran, atau kaset apapun yang bisa digunakan sebagai pembelajaran, atau kita bisa mendownload di blog-blog pembelajaran di internet, jadi kami memilih media ini. Berikut ini gambaran apa saja metode dan media yang biasanya digunakan di SMA 1 PLERET: (' ') Wawancara dengan guru bahasa inggris di sekolah SMA N 1 PLERET Hari senin 25 maret jam delapan pagi saya (Karjongko) dan Wahyu Hidayat melakukan survey ke SMA N 1 Pleret untuk menggali informasi tentang media pembelajaran yang digunakan di SMA tersebut. Sebenarnya kami mau melakukan survey lengkap dengan rekan kami satu lagi yaitu Dedi Irawan, tetapi sayangnya kami tidak bisa melakukannya karena jadwal kuliah dan jadwal dari sekolah tidak ada yang sama-sama menguntungkan, jadi salah satu dari anggota kami harus tidak mengikuti survey dikarekan mengikuti mata kuliah, dan akhirnya hanya saya dan Wahyu yang berangkat survey ke SMA N 1 Pleret. Perjalanan kami dalam melakukan survey sangat terbantu karena Wahyu adalah alumni sekolah tersebut, jadi dalam melakukan kunjungan ada kemudahanya. Sesampainya di sekolah kami menjumpai juru tamunya dan menyerahkan surat kunjungan dari kampus, percapakan terdengar akrab sekali karena Wahyu dulunya sering berhubungan dengan juru tamunya. Kami tiba di sekolah pada saat jam belajar jadi kami harus menunggu Guru bahasa inggrisnya selesai mengajar. Dikarenakan pada saat itu kami juga ada mata kuliah, jadi kami kembali ke kampus untuk mengikuti mata kuliah seperti biasa sembari menunggu guru bahasa inggrisnya selesai mengajar.(' ') Selesai kuliah tanpa sempat makan siang kami harus secepatnya menemui guru bahasa inggris di SMA. Sesampainya disekplah kami sudah telat setengah jam, jadi kami minta maaf kepada gurunya karena kami sudah membuatnya menunggu. Setelah itu wawancara langsung kami mulai dengan Ibu Vera salah satu dari tiga guru bahasa inggris di SMA 1 Pleret. (' ') Sebelum kami masuk pada pertanyaan tentang media, kami membuka dengan apasih suka dukanya menjadi se orang guru? Bu Vera menjawab, “kalau yang ia rasakansih banyak sukanya daripada dukanya, karena ia mencitai pekerjaan tersebut, jadi ya suka-sua aja jadi guru. Kalau dukanya ya guru harus bekerja selama 24 jam, karena sebelum ke sekolah harus benar-benar siap menghadapi murid-murid yang bermacam-macam tingkahnya serta mau menerapkan metode apa di setiap kali pertemuan.” Pertanyaan yang ke-dua adalah tips apa sih biar kita bisa disukai murid-murid?, beliau menjawab “ Ya tips nya gampang aja, jangan suka marah-marahin murid, jangan galak-galak terhadap murid, karena kalu banyak marahnya murid akan menjauhi gurunya, mereka akan takut dimarahi, sehingga akan berakibat proses belajar mengajarnya tidak akan berjalan. Biasanya guru-guru yang muda itu masih sering marah-marah, mereka masih sulit mengontrol emosinya, tapi kalau guru-guru yang udah lama mengajar, mereka akan tahu bagaimana cara menyikapi murid-muridnya. Kemudian jadi guru itu harus kreatif, bikin modul atau buku sendiri, bikin metode-metode sendiri, jadi murid juga akan menyukai guru, karena disetiap pertemuan selalu ada yang baru dan baru lagi, dan jika mengajar bahasa inggris harus integrated skills, jagan hanya satu skill saja, walaupun yang diajarkan writing, tapi speaking itu juga bisa disisipkan dalam memberikan instruksi ke murid-murid. Selain dari itu kita bisa menggunakan lingkungan untuk mengajar, contohnya kita bisa mengajak murid-murid ke tempat-tempat pariwisata seperti cadi prambanan, parang tritis untuk melatih sepeaking englisn muridya dengan native speaker, dan jadi guru juga harus aktif mengikuti seminar-seminar tentang teaching, jadi guru juga harus mengup-grade dirinya, sehingga selalu ada inovasi-inovasi yang baru.” Yang terakhir baru kami menanyakan apa media yang biasanya digunakan disekolah tersebut? Beliau menjawab”media yang digunakan itu LCD, disini disetiap kelas sudah ada LCDnya, tapi saying belum ada lab bahasanya, biasanya ia juga menggunakan video, gambar-gambar, Koran, majalah, ataupun apapun yang bisa digunakan sebagai media guru harus kreatif menggunakannya, jadi guru jangan hanya tergantung dengan power point, atau buku-buku sekolah saja, bahkan lingkungan kelas sendiri bisa dijadikan sebagai media pembelajaran,” begitu paparnya. Hanya sekian interview yang kami lakukan dan rencana kami akan datang ke sekolah SMA 1 Pleret lagi, ketika kami sudah dibekali meto pembelajaran yang baru oleh dosen kami yaitu pak wahyu untuk membantu Bu Vera membuat media yang baru dalam proses belajar-pembelajaran.(' ') | |
| | | Heri Kurniawan
Jumlah posting : 6 Join date : 20.03.13 Age : 35 Lokasi : Yogyakarta
| Subyek: Manfaat dan kerugian Video dan E-Learning sebagai media pembelajaran Wed Apr 03, 2013 1:43 pm | |
| Edi Irawan1004455 Fjar Gunawan 10004472 Heri Kurniawan 11304315
Hasil diskusi yang dilakukan dengan kelompok lain mengenai pemilihan media belajar yang sesuai untuk penyampaian materi pembelajaran bahasa Inggris di SMA 3 SMA untuk kelas X(10) Muhammadiyah 2 Yogyakarta yang beralamat Jalan Kapas no & Semaki Umbulharjo menunjukan bahwa Video dan E-Learning sebagai media pembelajaran
kelebihan: Video
Dalam media video, Mampu menggambarkan peristiwa-peristiwa masa lalu secara realis sehingga murid dapat memperoleh ide untuk membuat writing dalam bentuk Recount, Narrative, Exposition dan Comperative Text
Mampu berperan sebagai storyteller yang dapat memancing kreativitas
Media ini juga dapat membantu murid menunjukan expresi dalam speaking
memberikan stimulus bagi siswa yang berkarakter belajar secara visual
Mengembangkan imajinasi
Mampu berperan sebagai media utama untuk mendokumentasikan realitas sosial yang akan dibedah di dalam kelas
Sedangkan manfaat E-Learning dalam pengajaran dan pembelajaran dikarenakan murid SMA sudah mengenal yang namanya Problem-solving dan sudah mengetahui manfaat belajar bagi diri mereka masing-masing, berikut manfaatnya
Dengan adanya kegiatan e-Learning manfaat yang diperoleh guru/dosen antara lain adalah bahwa guru/dosen/ instruktur akan lebih mudah melakukan pembaruan materi maupun model pengajaran sesuai dengan tuntutan perkembangan keilmuan yang terjadi, juga dapat dengan efisien mengontrol kegiatan belajar siswanya
Pembelajaran dari mana dan kapan saja (time and place flexibility). Bertambahnya Interaksi pembelajaran antara peserta didik dengan guru atau instruktur
Menjangkau peserta didik dalam cakupan yang luas (global audience)
Mempermudah penyempurnaan dan penyimpanan materi pembelajaran (easy updating of content as well as archivable capabilities)
Dengan kegiatan e-Learning dimungkinkan berkembangnya fleksibilitas belajar yang tinggi. Artinya, kita dapat mengakses bahan-bahan belajar setiap saat dan berulang-ulang
Dapat berkomunikasi dengan guru/dosen setiap saat, misalnya melalui chatting dan email
Mengingat sumber belajar yang sudah dikemas secara elektronik dan tersedia untuk diakses melalui internet, maka kita dapat melakukan interaksi dengan sumber belajar ini kapan saja dan dari mana saja, juga tugas-tugas pekerjaan rumah dapat diserahkan kepada guru/dosen begitu selesai dikerjakan
Kerugian video dan E-Learning
Sebagaimana media audio-visual yang lain, video juga terlalu menekankan pentingnya materi ketimbang proses
Pemanfaatan media ini juga terkesan memakan biaya tidak murah
Penanyangannya juga terkait peralatan lainnya seperi videoplayer, layar bagi kelas besar beserta LCDnya, dan lain-lain
adanya rasa malas bagi siswauntuk membuka situs tersebut
Merasa kesulitan dalam mengakses
membutuhkan biaya untuk mengakses situs
Terakhir diubah oleh Heri Kurniawan tanggal Wed Apr 03, 2013 2:27 pm, total 1 kali diubah | |
| | | Indah Kece
Jumlah posting : 5 Join date : 20.03.13 Age : 34 Lokasi : Yogyakarta
| Subyek: Re: Kajian Media Pembelajaran - Kelas G Wed Apr 03, 2013 2:06 pm | |
| No. Kelompok : Kelompok 1 1. Indah Wulandari/10004462 2. Wahyu Dwi Pranita Purbasary/10004470 3. Siska Arumtia Utami/10004474 Judul Media Pembelajaran : Membiasakan Perilaku Terpuji
Jenis : Video
Kelebihan : 1. Melalui video yang ditayangkan, dapat menarik perhatian siswa untuk mengetahui contoh nyata dari adab berpakaian dalam islam. 2. Dengan alat perekam video, sejumlah besar siswa memperoleh informasi yang lebih akurat, tajam dan terpercaya. 3. Menghemat waktu dan rekaman dapat di putar berulang-ulang, sehingga siswa dapat mempelajari materinya berkali-kali. 4. Ruangan tidak perlu digelapkan waktu menyajikan materi yang diajarkan. Kekurangan : 1. Perhatian siswa sulit dikontrol dan partisipasi siswa jarang dilibatkan. 2. Sifat komunikasinya hanya bersifat satu arah dan seharusnya diimbangi dengan umpan balik dari kemampuan siswa memahami materi yang diajarkan. 3. Video kurang mampu menampilkan materi secara mendetail. 4. Media ini memerlukan peralatan yang mahal dan kompleks.
Cocok untuk kondisi siswa : 1. Dimana di MAN 5 MAGUWOHARJO, DEPOK, SLEMAN, sudah dilengkapi fasilitas berupa Lab. Agama dan perlengkapan elektronik seperti TV, LCD, dan DVD Player. 2. Dimana siswa-siswa di MAN 5 MAGUWOHARJO, DEPOK, SLEMAN, kebanyakan dari mereka memiliki background orang tua yang kurang mampu, sehingga mereka jarang menonton video-video edukasi.
| |
| | | M. Elyas
Jumlah posting : 5 Join date : 19.03.13 Age : 31 Lokasi : jogjakarta
| Subyek: kekurangan dan kelebihan E-learning Wed Apr 03, 2013 2:54 pm | |
| group: 1. M. Elyas (10004201) 2. M. Erwasita kusuma (10004206) 3. David yugasmara (10004167)
judul: Meningkatkan pembelajaran dengan gambar atau animasi jenis : video
Hasil diskusi yang dilakukan dengan kelompok lain mengenai pemilihan media belajar yang sesuai untuk penyampaian materi pembelajaran bahasa Inggris di SMPN 9 yogyakarta untuk kelas XI/XII yang beralamat Jalan NGEKSIGONDO YOGYAKARTA menunjukan bahwa Video dan E-Learning sebagai media pembelajaran
kelebihan Video:
Mengembangkan imajinasi siswa dalam pembelajaran.
dalam belajar menjadikan siswa untuk berusaha melangkah maju, memilih sendiri peralatan yang digunakan untuk penyampaian belajar mengajar, mengumpulkan bahan-bahan sesuai dengan kebutuhan
Sedangkan manfaat E-Learning dalam pengajaran dan pembelajaran dikarenakan murid SMA sudah mengenal yang namanya Problem-solving dan sudah mengetahui manfaat belajar bagi diri mereka masing-masing, berikut manfaatnya
Dengan adanya kegiatan e-Learning manfaat yang diperoleh guru antara lain adalah bahwa guru/dosen/ instruktur akan lebih mudah melakukan pembaruan materi maupun model pengajaran sesuai dengan tuntutan perkembangan keilmuan yang terjadi, juga dapat dengan efisien mengontrol kegiatan belajar siswanya
Pembelajaran dari mana dan kapan saja. Bertambahnya Interaksi pembelajaran antara peserta didik dengan guru atau instruktur
Peserta didik dapat saling berbagi informasi dan dapat mengakses bahan-bahan belajar setiap saat dan berulang-ulang, dengan kondisi yang demi-kian itu peserta didik dapat lebih memantapkan penguasaannya terhadap materi pembelajaran
Kehadiran guru tidak mutlak diperlukan
Guru akan lebih mudah melakukan alternatif bahan-bahan belajar yang mutakhir sesuai dengan tuntutan perkembangan keilmuwan, mengembang-kan diri atau melakukan penelitian guna meningkatkan wawasannya, dan mengontrol kegiatan belajar peserta didik.
Siswa dapat belajar atau me-review bahan ajar setiap saat dan di mana sa-ja kalau diperlukan mengingat bahan ajar tersimpan di komputer. Berubahnya peran siswa dari yang biasanya pasif menjadi aktif.
Mempermudah penyempurnaan dan penyimpanan materi pembelajaran
Dengan kegiatan e-Learning dimungkinkan berkembangnya fleksibilitas belajar yang tinggi. Artinya, kita dapat mengakses bahan-bahan belajar setiap saat dan berulang-ulang
Mengingat sumber belajar yang sudah dikemas secara elektronik dan tersedia untuk diakses melalui internet, maka kita dapat melakukan interaksi dengan sumber belajar ini kapan saja dan dari mana saja, juga tugas-tugas pekerjaan rumah dapat diserahkan kepada guru/dosen begitu selesai dikerjakan
Kerugian video dan E-Learning
Kurangnya interaksi antara pengajar dan pelajar atau bahkan antar pelajar itu sendiri.
Kurangnya interaksi ini bisa memperlambat terbentuknya values dalam proses belajar mengajar.
Kecenderungan mengabaikan aspek akademik atau aspek sosial dan sebaliknya mendorong tumbuhnya aspek bisnis/komersial.
Proses belajar mengajar cenderung ke arah pelatihan daripada pendidikan.
Berubahnya peran pengajar dari yang semula menguasai teknik pembelajaran konvensional, kini juga dituntut mengetahui teknik pembelajaran yang menggunakan ICT (Information, Communication and Technology).
Tidak semua tempat tersedia fasilitas internet ( mungkin hal ini berkaitan dengan masalah tersedianya listrik, telepon ataupun komputer). Kurangnya mereka yang mengetahui dan memiliki keterampilan tentang internet.
Kurangnya penguasaan bahasa komputer.
| |
| | | dewi nurrohmah
Jumlah posting : 2 Join date : 22.03.13 Age : 31 Lokasi : yogyakarta
| Subyek: Re: Kajian Media Pembelajaran - Kelas G Wed Apr 03, 2013 6:03 pm | |
| kelompok 17 yunita 10004445 novi andriani 10004483 dewi nurrohmah 10004450 [You must be registered and logged in to see this link.] | |
| | | Zul Aini Renngur
Jumlah posting : 5 Join date : 20.03.13
| Subyek: Re: Kajian Media Pembelajaran - Kelas G Wed Apr 03, 2013 9:15 pm | |
| Assalamualaikum.wr.wb. Nama anggota Kelompok 3 : 1. Netty Anggrita Sari (10004448) 2. Zul Aini Renngur (10004465) 3. Putioro Ayu Laksmi (10004471) SDIT AL-KHAIRAAT Yogyakarta Judul Media Pembelajaran : CLASSROOM ( Sisitem proses pernafasan pada manusia dengan menggunakan media Video Animasi yang memuat gambar dan suara sesuai dengan materi - materi pembelajarannya ) Jenis : (video dan animasi) Kelebihan : - Pembelajaran akan menarik perhatian siswa kelas 5 sd dengan menggunakan media tersebut, sehingga mampu meningkatkan motivasi dalam belajar IPA. - Pembelajaran IPA akan lebih mudah dimengerti sehingga siswa dapat menguasai serta memahami tujuan pengajaran. - Metode mengajar akan lebih bervariasi, sehingga siswa tidak akan mudah bosan dan guru tidak kehabisan tenaga dalam mengajar. - Siswa akan lebih banyak melakukan kegiatan belajar. Karena siswa aktif dalam mendengarkan, mengamati, dan melakukan, serta mendemonstrasikan uraian guru. - Siswa dapat memperoleh pengalaman langsung dan praktis mengenai sistem pernafasan pada manusia. Kekurangan : - Hal ini apabila tidak diimbangi dengan motivasi, akan membuat mereka bosan dan kurang perhatian. - Belum adanya fasilitas LCD di setiap kelas namun LCD sudah disediakan di sekolah sehingga proses belajar mengajar dapat terhambat jika LCD tersebut sedang digunakan. Dari hasil wawancara dan observasi ke sekolah SDIT AL-KHAIRAAT di jalan Pramuka, pembelajaran IPA dengan menggunakan media berupa video animasi akan menarik perhatian siswa SD kelas 5 karena video tersebut berisi gambar-gambar dan suara yang dapat menarik perhatian siswa, sehingga hal itu dapat menumbuhkan motivasi dalam belajar siswa dan akan lebih meningkatkan pemahaman tentang kosakata Bahasa Arab tersebut. Dengan melihat jumlah siswa yang ada sekitar 20 siswa guru akan mudah mengkondisikan siswanya. Sehingga media video animasi dapat membuat siswa - siswa tersebut mendapatkan pelajaran yang lebih bervariasi dari guru dan tidak membuat siswa merasa bosan. Terimakasih | |
| | | nour fajria
Jumlah posting : 4 Join date : 20.03.13 Age : 32 Lokasi : Yogyakarta
| Subyek: Kajian Media Pembelajaran - Kelas G Thu Apr 04, 2013 1:41 pm | |
| No Kelompok : Kelompok 20 1. Nour Fajria Wahyuningsih (10004452) 2. Maya Elizza (10004437) 3. Yuli Nurmala Sari (10004441)
Judul : Belajar memahami dan mencari letak suatu tempat atau wilayah di dunia. Media : Atlas, globe , dan Internet.
Kelebihan - Melatih daya ingat anak-anak dari melihat suatu bentuk gambar - Mengatahui letak kota-kota di indonesia sehingga tahu jika mau ke suatu kota harus lewat kota apa saja - Bisa menyadari betapa pentingnya kemampuan membaca peta dalam mencari keberadaan suatu tempat - Mengetahui hal apa saja yang menarik, khas, atau yang penting untuk diketahui dari suatu tempat - Memahami betapa luasnya wilayah negara kita dan juga dunia - Melalui internet siswa mampu memperoleh dan mengakses berbagai informasi atau gambaran tentang (letak) suatu negara.
Kekurangan - Siswa ditekankan menggunakan indera penglihatan sehingga akan menimbulkan rasa bosan dan mengantuk. - Ukuran peta dalam atlas atau globe terbatas tidak dapat diperbesar. - Dalam proses belajar, tidak semua siswa dapat menggunakan atlas atau globe secara individu karena fasilitas di SD N Kotagede 3 kurang memadai.
Dari hasil observasi kami di SD N Kotagede , ternyata siswa lebih menyukai belajar dengan menggunakan media internet. Mereka sangat antusias ketika mendapatkan tugas kelompok untuk mencari informasi yang lebih melalui teknologi internet.
Media ini sangat cocok untuk kondisi siswa; 1. Yang dalam sekolahnya memiliki fasilitas yang cukup memadai. 2. Yang aktif serta tanggap terhadap perkembangan zaman ( mengikuti perkembangan zaman )
| |
| | | mayalizza
Jumlah posting : 2 Join date : 20.03.13
| Subyek: Kajian Media Pembelajaran - Kelas G Thu Apr 04, 2013 1:47 pm | |
| No Kelompok : Kelompok 20 1. Maya Elizza (10004437) 2. Nour Fajria Wahyuningsih (10004452) 3. Yuli Nurmala Sari (10004441)
Judul : Belajar memahami dan mencari letak suatu tempat atau wilayah di dunia. Media : Atlas, globe , dan Internet.
Kelebihan - Melatih daya ingat anak-anak dari melihat suatu bentuk gambar - Mengatahui letak kota-kota di indonesia sehingga tahu jika mau ke suatu kota harus lewat kota apa saja - Bisa menyadari betapa pentingnya kemampuan membaca peta dalam mencari keberadaan suatu tempat - Mengetahui hal apa saja yang menarik, khas, atau yang penting untuk diketahui dari suatu tempat - Memahami betapa luasnya wilayah negara kita dan juga dunia - Melalui internet siswa mampu memperoleh dan mengakses berbagai informasi atau gambaran tentang (letak) suatu negara.
Kekurangan - Siswa ditekankan menggunakan indera penglihatan sehingga akan menimbulkan rasa bosan dan mengantuk. - Ukuran peta dalam atlas atau globe terbatas tidak dapat diperbesar. - Dalam proses belajar, tidak semua siswa dapat menggunakan atlas atau globe secara individu karena fasilitas di SD N Kotagede 3 kurang memadai.
Dari hasil observasi kami di SD N Kotagede 3 , ternyata siswa lebih menyukai belajar dengan menggunakan media internet. Mereka sangat antusias ketika mendapatkan tugas kelompok untuk mencari informasi yang lebih melalui teknologi internet.
Media ini sangat cocok untuk kondisi siswa; 1. Yang dalam sekolahnya memiliki fasilitas yang cukup memadai. 2. Yang aktif serta tanggap terhadap perkembangan zaman ( mengikuti perkembangan zaman ) | |
| | | Fajri R
Jumlah posting : 4 Join date : 23.03.13 Age : 31 Lokasi : Jl. Bugisan Selatan, Jomegatan Ngestiharjo Kasihan Bantul
| Subyek: Kajian Media Pembelajaran - Kelas G Fri Apr 05, 2013 12:15 pm | |
| No. Kelompok 14: Fajri Rahmawati 10004430 Anik Indarwati 10004435 Agustin Ika Wardani 11104063 Judul : Fun English For Children Jenis : Game ( Cross word Puzzle, Jumble Word, Tebak kata ) SMP Muhammadiyah 1 Bantul selama ini menggunakan media khususnya untuk pembelajaran Bahasa Inggris yaitu dengan media belajar menggunakan Game . Menurut guru Smp Muhammadiyah 1 Bantul , media Game ini sangat membantu sekali dalam proses belajar mengajar Bahasa Inggris Tetapi adapun kekurangan dan kelebihannya. Kekurangan : - Memerlukan banyak waktu - Ketergantungan siswa ketika belajar Bahasa Inggris selalu ingin menggunakan metode ini - Kondisi kelas sangat ramai karena terkadang siswa sangat over enjoy - Guru tidak bisa mengontrol kondisi siswa di dalam kelas - Butuh biaya Kelebihan : - Kondisi kelas menjadi lebih menyenangkan - Siswa merasa sangat termotivasi dalam belajar Bahasa Inggris - Proses pembelajaran lebih aktif dan tidak membosankan - Bahasa Inggris itu menyenangkan dan tidak sesulit apa yang siswa pikirkan dan bayangkan. Cocok untuk kondisi siswa : 1. Siswa yang tidak aktif menjadi aktif. 2. Siswa yang takut pelajajaran Bahasa Inggris menjadi senang dan enjoy. 3. Siswa yang berpikir Bahasa Inggris itu sulit berubah menjadi berpikir Bahasa Inggris itu mudah. Untuk hasil Wawancara dengan Guru SMP Muhammdiyah 1 Bantul bisa di lihat blog : [You must be registered and logged in to see this link.] (Agustin Ika Wardani) | |
| | | Rossa Pamela Yunita
Jumlah posting : 4 Join date : 20.03.13
| Subyek: Re: Kajian Media Pembelajaran - Kelas G Fri Apr 05, 2013 4:33 pm | |
| No. Kelompok : 16 1. Rossa Pamela Yunita 10004424 2. Fatatun Azizah 10004432 3. Meiana Wulandari 10004453 Judul Media Pembelajaran : CLASSROOM Jenis : video and game Kelebihan : a. siswa dapat melihat secara langsung materi yang disampaikan oleh guru b. dapat membuat siswa tertarik untuk belajar c. dapat membuat proses KMB menjadi lebih hidup d. menjadikan siswa lebih aktif dalam kelas e. membuat proses KMB tidak membosankan Kekurangan : a. fasilitas yang kurang memadai untuk melakukan metode ini seperti tidak adanya LCD didalam kelas b. membutuhkan biaya dan waktu yang banyak c. guru sulit mengkondisikan kelas Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bidang studi bahasa inggris di SMA MUh 6 Yk media pembelajaran ini cocok untuk siswa yang memiliki motivasi rendah dalam belajar dan juga dengn latar belakang siswa yang kebanyakan dari mereka adalah siswa yang bermasalah disekolah terdahulu. kami dari kelompok 16 memilih mediaa ini karena dirassa cocok dan bisa efekif digunakan dalam proses KBM. Hanya kendalanya adalah kurangnya fasilitas seperti LCD disetiap kelasnya. Sekian, Terima Kasih see you in the next assignment guys | |
| | | nadiaistiana
Jumlah posting : 4 Join date : 21.03.13 Age : 32
| Subyek: Kajian Media Pembelajaran-Kelas G Fri Apr 05, 2013 4:46 pm | |
| No. Kelompok : 4 Nama Anggota : 1. Nadia Istiana Furqani (10004469) 2. Miftahurahmah Inayati (10004464) 3. Riska Widyastuti (10004466)
Judul media pembelajaran : Menyusun Karangan Jenis : Slide show Kelebihan : Siswa jadi lebih mudah untuk memahami langkah-langkah membuat karangan yang baik dan benar. Siswa lebih tertarik dngan materi yang ditampilkan melalui slide show oleh guru. Materi yang disajikan oleh guru lebih ringkas. Mudah terbaca untuk siswa keseluruhan di kelas. Dapat menumbuhkan inspirasi siswa dalam proses membuat karangan. Meningkatkan minat belajar siswa pada materi yang disampaikan oleh guru. Kekurangan : Siswa dan guru jadi ketergantungan menggunakan slide show sebagai media pembelajaran. Lebih banyak guru yang berbicara. Mengurangi keaktifan siswa dalam kelas. Materi yang disampaikan dalam slide show terbatas. Dari hasil observasi yang telah kami lakukan di SD Muhammadiyah Bodon Kotagede bahwa dengan adanya media tersebut, dapat membantu proses belajar mengajar di sekolah.Hal tersebut dapat membantu untuk mempermudah siswa dalam pemahaman terhadap materi.Juga dapat meningkatkan minat siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru. Siswa lebih terbantu dalam menyusun karangan setelah penyampaian materi melalui media tersebut. Media ini cocok untuk kondisi siswa : 1. Siswa yang kurang motivasi 2. Siswa yang belum mampu membeli buku pegangan 3. Siswa yang mempunyai minat yang rendah terhadap materi yang disampaikan oleh guru.
| |
| | | siti mutmainah
Jumlah posting : 4 Join date : 20.03.13
| Subyek: kajian media pembelajaran Fri Apr 05, 2013 4:53 pm | |
| kelompok 7 1. Imelda Mahardika Muslim (10004440) 2. Diana Nur Fatimah (10004417) 3. Siti Mutmainnah (10004428) Judul : Narrative text Jenis : Audio-Visual Kelebihan : 1. mengurangi tingkat kebosanan siswa dalam proses pembelajaran bahasa Inggris mencakup reading skill, speaking skill, listening skill. 2. menambah ketertarikan dan minat siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. 3. mempermudah siswa dalam memeahami isi teks. 4. guru dapat melatih kreatifitas siswa. Kekurangan : 1. memerlukan lebih banyak waktu. 2. situasi kelas kurang kondusif. 3. tidak memungkingkan untuk digunakan dalam setiap pembelajaran, dikarenakan sekolah hanya memiliki 1 ruang berproyektor. Berdasarkan wawancara dengan guru SMPIT mengeluhkan tentang kondisi siswa dalam pembelajaran reading skill. Dan media ini kami kira cocok untuk mengatasi masalah yang dihadapi guru dan siswa. | |
| | | wahyuningsih fera
Jumlah posting : 6 Join date : 24.03.13 Age : 32 Lokasi : banjarnegara - yogyakarta
| Subyek: Kajian Media Pembelajaran - Kelas G Fri Apr 05, 2013 10:45 pm | |
| kelompok 15 1. fitri hidayanti, 10004063 2. felici Constantya Nurdiyanti, 10004070 3. fera wahyuningsih, 10004386 Laporan Interview di SD IT AL-Khairaat Yogyakarta sekolah : SD IT AL- KHAIRAAT waktu : kamis, 21 maret 2013 pukul : 09.15 - 10.00 guru : ibu kusuma hanifa, S. Pd pengampu : guru pengampu kelas 5 objek : 32 siswa Dari hasil interview yang telah kami lakukan di SD IT AL-khairaat memperoleh hasil = proses belajar mengajar di SD IT AL-khairaat sudah menggunakan media seperti power point , CD, dan alat peraga ( kompas, mikroskop, termometer ). Namun, dalam penggunaan media pembelajaran memiliki kelebihan dan kekurangan. kelebihan : memudahkan siswa dalam menyerap pelajaran, membantu minat belajar siswa, membuat siswa lebih kreatif, memudahkan guru dalam menyampaikan materi pelajaran, membuat materi yang disampaikan lebih menarik. kekurangan: siswa terkadang terlalu asyik dengan media yang dipakai sehingga tidak menyerap dengan sempurna materi pelajaran, sulit menghandle siswa untuk fokus, guru mengalami kesulitan ketika media mengalami kerusakan. guru mengalami kesulitan dalam kesulitan dalam memilih media yang cocok dan sesuai ketika mengajar IPS dan PPKN. kesimpulan: penggunaan IT di SD IT AL-khairaat cukup maju. Namun, ada juga mendapat kesulitan khususnya dalam mata pelajaran IPS dan PPKN. untuk hasil dokumentasi bisa di lihat di [You must be registered and logged in to see this link.] , [You must be registered and logged in to see this link.] . terima kasih | |
| | | Zein Ardian
Jumlah posting : 5 Join date : 20.03.13 Age : 29
| Subyek: Re: Kajian Media Pembelajaran - Kelas G Sat Apr 06, 2013 1:14 am | |
| No. Kelompok : 13 1. Sefi Zein Ardian (10004449) 2. Anis Santosa (10004443) 3. Mokhamad Azis Aji A. (10004475)
Sekolah : SMPN 9 Yogyakarta Judul Media Pembelajaran : pembelajaran interaktif Jenis : video
Kelebihan : • Memudahkan guru dalam menyampaikan materi dengan tersedianya media pembelajaran seperti projector, LCD, dan computer • Siswa akan lebih fokus kepada materi dan tidak cepat bosan karena siswa terbawa kepada alur cerita • Siswa akan mudah faham dan mengingat materi dengan baik, juga ketika guru meminta siswa untuk mengulang cerita atau menyimpulkan mereka dapat melakukannya dengan cepat dan tepat • Siswa dapat berlatih mendengar dan berbicara dalam bahasa inggris tanpa harus bertemu langsung dengan native speaker
Kekurangan : • Harus tersedia tempat yang kondusif dan media pembelajaran • Guru akan sangat bergantung kepada media pembelajaran seperti projector, LCD, dan computer. Jika media tersebut tidak ada maka guru akan kesulitan untuk menyampaikan materi secara optimal • komunikasi dan interaksi antara guru dengan para siswa akan menjadi jarang, dan itu akan mengakibatkan guru kurang mengenal individu dan karakteristik siswa
1. Media pembelajaran berupa video cocok untuk kondisi siswa yang difasilitasi dengan media pembelajaran yang lengkap seperti projector, LCD, dan computer
2. Hasil analisis dari wawancara, observasi di sekolah : Hasil dari wawancara yang telah kami lakukan di SMPN 9 Yogyakarta dapat disimpulkan bahwa siswa sangat antusias dalam belajar bahasa inggris menggunakan media pembelajaran berupa video dan guru merasa sangat terbantu dalam menyampaikan materi. Akan tetapi penggunaan media pembelajaran sangatlah terbatas, itu dikarenakan media pembelajaran hanya terdapat di laboratorium bahasa saja dan hanya ada 1 laboratorium bahasa yang tersedia.
Terima kasih
| |
| | | Yuli ana
Jumlah posting : 5 Join date : 20.03.13 Age : 30 Lokasi : Yogyakarta
| Subyek: Re: Kajian Media Pembelajaran - Kelas G Sun Apr 07, 2013 1:18 pm | |
| Rancangan & Analisis Media Pembelajaran Kelompok 2: Yuliana 10004442 Erfeni 10004438 Anggi M 10004473 SD NEGERI KOTAGEDE III Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Kelas : V (lima) Judul : ‘Peristiwa Alam di Indonesia’ Materi : Mengenalkan Peristiwa Alam Yang Terjadi di Indonesia & Dampaknya Bagi Makhluk Hidup & Lingkungan. Jenis : video & gambar mengenai peristiwa alam di Indonesia. Kelebihan dari Media Pembelajaran : 1. Siswa bisa mengetahui bagaimana terjadinya berbagai bencana alam di Indonesia. 2. Siswa bisa membedakan jenis-jenis peristiwa alam yang terjadi di Indonesia melalui gambar-gambar yang ada. 3. Siswa dapat memahami perubahan yang terjadi di alam dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam. 4. Siswa mengetahui dampak dari peristiwa alam yang terjadi bagi makhluk hidup dan lingkungan sekitar. 5. Siswa mengetahui penyebab terjadinya berbagai peristiwa alam di Indonesia. Kekurangan dari Media Pembelajaran : 1. Fasilitas pembelajaran yang kurang mendukung. 2. Kurangnya kemampuan guru dalam mengaplikasikan media pembelajaran yang berbasis TI. 3. Kurangnya interaksi antar siswa yang satu dan lainnya dalam kelas karena mereka terlalu focus dengan media pembelajaran. 4. Ketergantungan guru terhadap media pembelajaran, sehingga guru akan mengalami kesulitan ketika media pembelajaran itu tidak bisa digunakan. 5. Kesulitan guru dalam memilih media pembelajaran yang sesuai bagi kebutuhan siswanya. Media Pembelajaran ini sesuai untuk kondisi siswa : 1. Tersedianya lab bahasa di SD NEGERI KOTAGEDE III bagi siswa. 2. Siswa jarang menggunakan media pembelajaran berbasis computer. Sekian & terimakasih | |
| | | Sponsored content
| Subyek: Re: Kajian Media Pembelajaran - Kelas G | |
| |
| | | | Kajian Media Pembelajaran - Kelas G | |
|
Similar topics | |
|
| Permissions in this forum: | Anda tidak dapat menjawab topik
| |
| |
| |
|